Efek Samping Penggunaan Obat pada Mata (sindroma Steven-Johnson)


Sindroma Steven-Johnson (koleksi PPDS Mata UA)

Penggunaan obat-obatan yang diminum terkadang dapat mengakibatkan kerusakan menyeluruh mukosa tubuh ( selaput bening), termasuk mukosa mata. Awalnya penderita mengeluh mukosa bibir mengelupas, kulit tampak kemerahan dan diikuti mata merah. Mata merah, sekret (getah mata) yang banyak, mukosa mata tampak bengkak, melepuh dan kadang sampai terjadi perlekatan kelopak mata. Meskipun ruam-ruam kulit sudah membaik, namun keluhan pada mata bisa berlanjut bahkan sampai bertahun-tahun setelahnya. Ini yang sering menyulitkan penderita sindroma Steven-Johnson.

2 Komentar

  1. Canty said,

    Februari 23, 2010 pada 8:07 am

    penggunaan obat apa saja yang bisa mempengaruhi penurunan penglihatan?

  2. Media Mata said,

    Maret 1, 2010 pada 2:22 pm

    Ada beberapa obat minum dan obat tetes mata yang dapat menyebabkan penurunan penglihatan. Sebagai contoh, penggunaan steroid tetes mata jangka lama dan tanpa indikasi dapat mengakibatkan peningkatan tekanan bola mata (steroid-induce glaucoma). Glaukoma merusak saraf mata & kerusakannya bersifat permanen yang mengakibatkan penurunan lapang pandangan dan tajam penglihatan hingga kebutaan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: