Glaukoma si “Pencuri Penglihatan”


Glaukoma, merupakan pencuri penglihatan. Seringkali mereka yang menderita penyakit ini tidak merasa kalau dirinya sakit. Penderita yang datang, umumnya sudah stadium lanjut. Penderita sudah ada gangguan tajam penglihatan, mengira bahwa dirinya menderita katarak dan minta dioperasi. Setelah diberikan penjelasan tentang penyakitnya, biasanya penderita langsung “down“. Glaukoma menyebabkan kerusakan saraf papil mata yang permanen, atau dengan kata lain sel-sel saraf yang rusak tidak dapat diperbaiki lagi. Terapi ditujukan untuk mempertahankan sel-sel saraf yang masih baik saja. Tidak jarang penderita mengeluhkan sebagian lapang pandangannya berkurang. Hal ini harus diwaspadai.

11 Komentar

  1. April 17, 2009 pada 2:30 pm

    seperti adikku yg pernah menderita ini dan akhirnya sekarang buta sebelah. hikz2…

  2. Tunjillah said,

    Juli 29, 2009 pada 11:24 am

    Mohon penjelasan tentang penyakit suami saya.
    Suami saya terkena glaukoma kronis sebelah kanan sudah buta tinggal sebelah kiri sudah parah sudah berobat di Dokter namun tekanan bola mata masih tinggi sudah pernah dioperasi untuk membuat saluran yang tersumbat mata sebelah kiri. Obat tetes yang digunakan Isotic Adretor 0.50 %, Cendo Carpin 2 %, Tablet Galucon dan Aspar K sudah pernah di kombinasi dengan tetes mata Glaupen (Cendo Monodose). Apa yang harus saya lakukan lagi. Terimakasih banyak atas tanggapannya.

  3. Media Mata said,

    Juli 31, 2009 pada 2:05 pm

    Berdasarkan cerita anda, penyakit glaukoma suami anda tidak terkontrol dengan bedah maupun obat-obatan, kemungkinan diperlukan tindakan bedah ulang. Namun tindakan bedah pada glaukoma stadium lanjut (end-stage glaucoma) tetap ada risiko yaitu hilangnya penglihatan secara mendadak. Sebaiknya tetap kontrol rutin dan berkomunikasilah dengan dokter spesialis mata anda.

  4. Nursuhud said,

    September 20, 2009 pada 10:43 pm

    Mata kanan saya terkena glaukoma. Selain upaya operasi yang juga belum menjamin, apakah ada usaha lain yang bisa dilakukan oleh orang yang terkenan glaukoma ? Seperti pengobatan alternatif misalnya. Mohon tanggapan, khususnya dari para pengobat2 alternatif. Terima kasih.

  5. Media Mata said,

    September 28, 2009 pada 11:20 am

    Terapi glaukoma dengan obat-obatan (medikamentosa) dimulai dari satu macam obat dengan dosis rendah dahulu (monoterapi, “start low, go slow”). Bila tidak ada respon, dosis ditingkatkan atau dikombinasikan dengan obat lain. Pada prinsipnya pengobatan glaukoma merupakan pengobatan seumur hidup. Terapi bedah merupakan alternatif terakhir bila dengan medikamentosa gagal.

  6. Tunjillah said,

    Januari 18, 2010 pada 9:38 am

    Sekarang ini keadaan mata suami saya semakin parah. Apa yang harus saya lakukan. apa saya harus membawa ke rumah sakit spesialis mata ? dan kira-kira yang bagus dimana ya… karena tempat saya tinggal jauh di Tanjungpinang Kepulauan Riau. Makasih atas informasi sebelumnya.

  7. Media Mata said,

    Maret 1, 2010 pada 2:03 pm

    Ibu sebaiknya tetap kontrol ke dokter spesialis mata untuk evaluasi tekanan bola mata. Bila tekanannya terlalu tinggi dapat mengakibatkan kerusakan kornea (bullous keratopathy) yang sangat nyeri. Meskipun harapan tajam penglihatannya kecil, namun kerusakan kornea lebih lanjut harus dicegah.

  8. apri yanti said,

    September 16, 2010 pada 3:15 pm

    Apakah ketergantungan pada kacamata dapat diobati?? Saya sudah 11 tahun menggunakan kacamata minus dan ingin berhenti menggunakannya. Apakah bisa?? Benarkah bila kita rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dapat memperbaiki kondisi mata yang minus?? Terimakasih

  9. Media Mata said,

    September 26, 2010 pada 11:16 am

    Kekuatan (power) lensa kacamata bisa berkurang atau bertambah tergantung tipe kelainan refraksinya. Pada kelainan kacamata minus, biasanya masih bisa bertambah seiring pertumbuhan badan. Sedangkan kelainan kacamata plus semakin berkurang dengan bertambahnya umur (biasanya pada anak2). Bila ingin mengurangi ketergantungan kacamata, ada alternatif yaitu dengan operasi LASIK. Konsumsi sayuran dan buah tidak dapat mengurangi minus, namun baik untuk mata.

  10. dedi said,

    Oktober 13, 2010 pada 1:47 pm

    saya kena glaucoma dan mata kiri sudah buta.Sudah 10 tahun saya memakai obat tetes Xalatan yang harganya sangat mahal. apakah ada obat generik dari xalatan yang harganya lebih murah.? terima kasih

  11. Media Mata said,

    November 2, 2010 pada 1:06 pm

    Obat generik Xalatan saat ini belum ada, namun ada obat generik timolol dengan cara kerja yang berbeda dengan Xalatan (Latanoprost). Coba didiskusikan kembali dengan dokter yang merawat apakah glaukoma anda bisa terkontrol dengan terapi timolol atau kombinasi tetes mata Timolol dengan Acetazolamid.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: