Operasi Katarak, Tidak Perlu Menunggu “Matang”


Katarak matur (koleksi PPDS Mata UA)

Katarak matur (koleksi PPDS Mata UA)

Banyak di kalangan awam yang belum mengetahui bahwa operasi katarak dapat dilakukan tanpa menunggu “matang”.  Operasi dapat dilakukan bila ada indikasi penurunan penglihatan yang mengganggu pekerjaan maupun aktifitas sehari-hari. Teknik operasi bervariasi tergantung stadium katarak (ketebalan katarak), mulai teknik ekstraksi intrakapsular, ekstrakapsular, insisi kecil manual dan fakoemulsifikasi. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mata.

16 Komentar

  1. wirosableng said,

    Januari 30, 2009 pada 12:14 am

    selain menunggu matang, banyak juga yang masih menunggu wang..

  2. Mifta said,

    Januari 30, 2009 pada 2:42 pm

    jenis katarak yang matang bagaimana? emang katarak ada yang mentah???

  3. Media Mata said,

    Februari 2, 2009 pada 4:34 am

    Katarak “matang” yg dimaksud orang awam ialah katarak matur menurut istilah medis. Yang mentah itu cuma buah-buahan saja, he..he..he.

  4. elliana said,

    Mei 24, 2009 pada 11:29 am

    Kalo metode phacoemulsifikasi itu efek sampingngnya sering terjadi nggak ya??

  5. Media Mata said,

    Juni 4, 2009 pada 3:56 pm

    Setiap tindakan operasi pasti ada efek sampingnya, tidak terkecuali metode fakoemulsifikasi. Tetapi untuk meminimalkan efek samping yg bisa saja terjadi, seorang dokter hendaknya mempersiapkan sebelum operasi dan memperhitungkan/memperkirakan hasil yg terjadi setelah operasi. Seorang dokter akan berbuat yg terbaik utk pasiennya.

  6. yudi said,

    Agustus 3, 2009 pada 2:21 pm

    seperti apa ya yang dimaksud matang, jika belum matang boleh nga di operasi ? bahaya nga ?

  7. ahmad tahir said,

    September 1, 2009 pada 11:24 pm

    Indikasi insisi kecil manual dan fakoemulsifikasi? Bgmn tingkat keberhasilannya bila dibandingkan dg ECCE pd katarak matur? Dapatkah kedua tehnik tersebut dilakukan di RS tipe C? Mohon maaf bnyk tanya, trims sbelumnya

  8. ahmadtahir said,

    September 1, 2009 pada 11:46 pm

    Apa indikasi insisi kecil manual dn fakoemulsifikas? Trims

  9. Media Mata said,

    September 8, 2009 pada 1:58 pm

    “Matang” (matur) artinya tebalnya katarak mengakibatkan penderita hanya dapat melihat bayangan tangan atau sinar saja. Sebaiknya operasi dilakukan sebelumnya kataraknya “matang”.

  10. Media Mata said,

    September 8, 2009 pada 2:09 pm

    Pada prinsipnya katarak senilis dapat dilakukan ekstraksi dengan insisi kecil manual maupun fakoemulsifikasi, lebih baik bila belum sampai matur (katarak grade 4). Untuk katarak matur, ECCE lebih sesuai. Tidak semua RS tipe C memiliki fasilitas kedua operasi tersebut.

  11. roni gobler said,

    Desember 16, 2009 pada 4:03 am

    ayah saya sudah opeasi katarak mata yg kanan…tp hasilnya kurang memuaskan…jadi minus 11dan sampai sekarang sangat silau ketika siang hari…operasi dah 1 tahun yg lalu…apakah perlu di lakukan operasi lagi?
    trus mata yg kiri dr SpM bilang belum matang…tunggu klo dah matang baru di operasi…padahal bapak saya dah sangat terganggu penglihatannya bagaimana solusinya? bapak saya usia 61 tahun..terima kasih…

  12. Media Mata said,

    Februari 3, 2010 pada 3:04 pm

    Bagaimana riwayat mata sebelum operasi, apakah ada minus tinggi..?? Dipasang lensa tanam/tidak..?? Bila dipasang lensa tanam, apakah diukur/tidak (biometri)..?? Minus tinggi memerlukan pengukuran khusus dengan ukuran lensa tanam yang khusus juga. Untuk mata kiri, bila aktifitas sehari-hari sudah terganggu, maka dapat dilakukan operasi .

  13. Andi said,

    Oktober 25, 2010 pada 7:30 am

    Yth. Para praktisi dibidang kedokteran mata,
    nenek saya umur 60 tahun. Dia mengalami katarak dimata kanan. Sejak mengalami katarak, penglihatan gelap. Apakah dalam waktu dekat ada operasi katarak gratis? dimana dan kapan. mohon info lebih lanjutnya. Dan bagaimana potensi kepulihan dan tingkat keamanan operasi gratis? apakah sama amannya dengan operasi berbayar ? terimakasih.

  14. Media Mata said,

    November 2, 2010 pada 1:17 pm

    Untuk memastikan apakah benar katarak atau bukan harus diperiksa lebih dahulu. Operasi katarak gratis sering digelar beberapa rumah sakit. Biasanya hanya diperlukan surat keterangan tidak mampu. Tentu saja ada bedanya dengan yang berbayar, tergantung teknik operasinya, jenis lensa tanamnya dan fasilitas lainnya.

  15. mitha said,

    Mei 18, 2011 pada 8:29 pm

    kenapa dulu operasi katarak harus ditunggu matur dulu?? adakah efek samping bila operasi dilakukan saat katarak masih imatur?

  16. Media Mata said,

    Juni 24, 2011 pada 1:15 pm

    Itu pendapat dahulu bu, dimana teknologi masih belum maju. Saat ini katarak dapat dioperasi pada semua stadium. Pada stadium awal bisa dilakukan operasi dengan teknik fakoemulsifikasi.Sedangkan pada katarak matur, risiko komplikasi lebih tinggi karena zonula zinnii-nya mulai lemah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: