PENYAKIT MATA LUAR & KORNEA


Hifema traumatik (koleksi PPDS Mata UA)

Hifema traumatika (koleksi PPDS Mata UA)

Hifema traumatika adalah perdarahan pada bilik mata depan yang disebabkan pecahnya pembuluh darah iris dan badan silier akibat trauma pada segmen anterior bola mata.  Terapi ditujukan untuk mencegah perdarahan ulang dan mencegah lamanya periode tekanan intra okuler yang tinggi. 

Referensi: MacCumber MW. Management of Ocular Injuries and Emergencies. 1998.

 

 

Trauma kimia Thoft 4

Trauma kimia Thoft 4 (koleksi PPDS Mata UA)

Trauma kimia pada mata merupakan masalah yang sering dijumpai, dengan derajat keparahan yang bervariasi dari iritasi ringan hingga kerusakan bola mata. Kekeruhan kornea dengan detail iris / pupil yang sulit, iskemia konjungtiva lebih dari setengah limbus (Klasifikasi Thoft 4, prognosis jelek).

Referensi : MacCumber MW. Management of Ocular Injuries and Emergencies. 1998.

AAO External disease and cornea. 2004-2005.

95 Komentar

  1. anis said,

    Juli 13, 2009 at 11:34 am

    saya ingin bertanya,saya kini menghadapi masalah mata merah sebelah kanan, saya telah jumpa doktor di klinik swstar dan hospital,tetapi mata saya tetap merah setelah mengambil ubat yang diberi.kini mata saya bukan sahaja merah tetapi sakit bila gerakkan mata.pada mulanya kanan sahaja kini kiri juga turut rasa sakit.saya harap dr dapat menerangkan apa sebenarnya masalah saya ini,sekian …

  2. Media Mata said,

    Juli 17, 2009 at 2:43 pm

    Mata merah merupakan salah satu gejala penyakit mata, penyebabnya bisa bermacam-macam. Perlu diketahui riwayat penyakit secara detail dan dilakukan pemeriksaan mata lebih lanjut untuk menentukan penyakit yg mendasari mata merah (underlying disease). Beberapa penyakit yang mendasari mata merah antara lain: konjungtivitis, keratitis, skleritis, iritis, uveitis, glaukoma dan lain-lain. Sebaiknya anda menemui dokter mata anda lagi.

  3. joe said,

    Agustus 31, 2009 at 5:19 pm

    makasih, tulisan anda sangat membantu saya, terutama koleksi fotonya..

  4. andi said,

    Oktober 9, 2009 at 11:17 pm

    bagian atas kelopak mata kiri saya terdapat benjolan kecil, disentuh agak keras namun tidak sakit bila di tekan ,saya sudah cukup lama mengalami hal ini lebih kurang 2 tahun.kira – kira apa penyebabnya ya?

  5. Media Mata said,

    November 4, 2009 at 2:17 pm

    Benjolan di kelopak mata seperti yang bapak sampaikan dapat disebabkan keradangan atau tumor. Untuk memastikan bapak bisa berkonsultasi dengan dokter mata. Untuk diagnosis pasti dapat diperiksa dengan FNAB (Fine Needle Aspiration Biopsy).

  6. ryan said,

    November 26, 2009 at 12:54 pm

    Saya punya keluhan, penglihatan mata saya mengalami gangguan krn adanya semacam garis warna htm sehingga klo membaca tlsn kecil kdg harus tenangin mata dulu biar garis2 htmnya gak bergerak. Penyakit apa yg sedang sy alami?obtnya apa?sy menderita ini sejak kena cacar/herpes zooter

  7. online said,

    Januari 5, 2010 at 2:45 am

    awal yang baik

  8. sri said,

    Januari 16, 2010 at 11:11 am

    mata saya terasa gatal namun tidak merah..terasa sekali dibagian bawah mata dalam ujung mata..setelah saya periksa pada dokter spesial di rs.daerah modernland dikatakan terkena virus, obat yang diberikan dokter saya komsumsi sampai habis,tidak juga ada perkembangan menuju kesembuhan..saya periksa pada dokter spesialis mata di hospital daerah serpong dikatakan dry eyes saya gunakan obat tetes mata yg khusus diberikan oleh dokter untuk masalah tsb, namun tidak juga sembuh..
    sebetulnya penyakit mata apa yang saya alami ? apa penyebabnya dan bagaimana solusi penyembuhannya? karena diagnosis berbeda pada dua dokter spesialis mata dan obat yang diberikan tidak menyembuhkan..

  9. Media Mata said,

    Februari 3, 2010 at 2:47 pm

    Keluhan yang anda ungkapkan secara umum di bidang mata disebut sebagai floaters. Penyebabnya bisa karena faktor retina atau badan kaca (vitreus). Kalau melihat dari riwayat pernah menderita herpes zoster, kemungkinan penyebabnya faktor badan kaca. Untuk memastikan, sebaiknya menemui dokter mata.

  10. Media Mata said,

    Februari 3, 2010 at 3:16 pm

    Dokter anda mungkin keduanya benar. Gatal pada mata bisa disebabkan banyak hal, diantaranya : infeksi virus, infeksi parasit (trachoma), alergi, dry eyes, ketombe pada bulu mata, dll. Dan kebanyakan gatal pada mata bisa terjadi berulang (misalnya alergi debu/sinar matahari).

  11. chika said,

    April 28, 2010 at 11:05 pm

    Ibu saya -58th- mengalami gangguan mata, ada kilat & spot yang cukup mengganggu. sudah diperiksakan ke dokter mata, diagnosisnya “lens dislocation” dan “vitreous detachment”. secara umum kondisi mata dinyatakan sehat & aman, tidak ada tindakan lebih lanjut & pemberian obat.
    yang ingin saya tanyakan, apakah benar badan kaca yg terlepas tidak berbahaya? apakah hal ini dapat menyebabkan retinal detachment? dokter hanya menyarankan, apabila kondisi masih demikian dipersilahkan untuk kembali kontrol. mohon penjelasannya, terima kasih..

  12. T.Munzir said,

    Mei 8, 2010 at 4:42 pm

    saya ingin konsul denngan spesialis mata…..apakah anda dapat membantu saya….?? sekarang mata saya pendaranhan kornea dan mata saya sudah kecil dari biasanya dan juga tidak dapat melihat…. disini saya sangat mengharapkan saran dan kemana saya harus konsul atau saya jaga sangat senang bisa konsul lewat internet maslah kesembuahan mata saya….

  13. Media Mata said,

    Juni 4, 2010 at 10:27 am

    Mata yang mengecil (phthisis bulbi) dapat disebabkan banyak hal, bisa karena trauma, infeksi atau tumor. Bila penyebabnya bukan keganasan dapat diperbaiki dengan protesa / mata palsu agar secara kosmetik kedua mata tampak sama. Namun bila penyebabnya keganasan harus diatasi keganasannya dulu.

  14. Adi Jaya said,

    Juni 29, 2010 at 3:32 am

    Mw, tanya penyakit-penyakit yang ada di kornea mata itu apa saja ya? N itu nantinya bakal menjadi turunan tidak?terimakasih…

  15. Hidayatullah said,

    Juni 29, 2010 at 7:39 pm

    saya mau konsul, di mata anak saya ada ada bintik putih kecil, letakx di tengah kornea, dulu waktu berumur 2 minggu s/d 2 bln matanya merah dan berair, top skrg udh sembuh, umurnya skrg 7 bulan, sdh konsul ke dokter mata di kota saya di wilayah timur indonesia, jawabannya ga memuaskan katanya harus di operasi krn bekas sisa infeksi/luka dan harus diangkat. Apakah bisa cara lain asal ga dioperasi, RS mana di jkt yg bisa melayani ASKES krn sy seorang PNS??? Terima kasih jawabanya

  16. Media Mata said,

    Juli 2, 2010 at 3:00 pm

    Penyakit kornea banyak ragamnya, bisa karena infeksi, inflamasi, kelainan bawaan, atau degenerasi. Penyakit pada kornea yang menurun sangat jarang. Yang sering adalah karena inflamasi dan atau infeksi yang bisa berakibat kebutaan.

  17. Media Mata said,

    Juli 2, 2010 at 3:25 pm

    Bintik putih di kornea yang anda maksud mungkin saja suatu sikatriks/jaringan parut pada kornea. Bila sikatriks cukup tebal di tengah-tengah kornea sehingga mengganggu penglihatan, maka dibutuhkan operasi untuk menghilangkannya, yang disebut bedah keratoplasti. Namun bila bintik putih terdapat di dalam bola mata, perlu diwaspadai penyakit lain, bisa katarak kongenital atau tumor atau kelainan saraf mata. RS yang bisa melayani askes biasanya RS pemerintah & RS swasta yang menerima askes.

  18. Media Mata said,

    Juli 2, 2010 at 3:46 pm

    Lens dislocation bisa mengakibatkan beberapa kelainan atau gangguan tergantung letak lensa dimana. Bila terperangkap di depan (bilik mata depan) dapat mengakibatkan glaukoma/tekanan bola mata meningkat, sedangkan bila di belakang (badan kaca/corpus vitreus) dapat mengakibatkan inflamasi berkepanjangan karena reaksi sebagai benda asing. Bila tidak terjadi proses inflamasi biasanya tidak dilakukan tindakan khusus. Vitreous detachment biasanya tidak mengakibatkan retinal detachment, keluhan pasien biasanya seperti melihat benda asing atau melihat bulatan, bisa sangat mengganggu. Namun retinal detachment bisa saja terjadi bila vitreus yang detachment tersebut melekat pada retina (biasanya pada retinopati diabetikum).

  19. kusma said,

    Juli 14, 2010 at 1:14 pm

    Saya mempunyai anak baru lahir satu bulan dan dibagian mata warna hitam ada terdapat warna putih. setelah diperiksa kata dokter iritis.
    Mohon bantuannya ada obatnya tidak.

  20. kusma said,

    Juli 14, 2010 at 2:20 pm

    Mohon bantuannya, saya sangat perlu jawabannya.

  21. Rusmala Dewi said,

    Juli 19, 2010 at 2:26 pm

    Sy mau konsul, di bagian putih mata sy ada spt lendir/jel berwarna bening. Bila mata sy lelah, kena sinar matahari/komputer mjdi merah dan lama2 warna bening berubah jd agak keruh. Ada apa dg mata sy ?
    Apakah bisa dilakukan pembersihan, krn sangat tdk nyaman sekali klo sedang merah. Pernah konsul ke Dokter, menurutnya tdk bs dilakukan pembersihan krn faktor usia msh dibwh 40 thn, dan sy hanya diberi obat tetes. Mhn penjelasannya, tks

  22. Media Mata said,

    Juli 23, 2010 at 2:20 pm

    Kelainan pada mata anda kemungkinan suatu Pterigium. Memang untuk penderita usia kurang dari 40 tahun tidak disarankan operasi, namun bila sudah memenuhi indikasi operasi dapat dilakukan dengan teknik tertentu untuk mencegah kekambuhan.

  23. Media Mata said,

    Juli 23, 2010 at 3:06 pm

    Kelainan pada mata anak ibu bisa kelainan bawaan atau didapat, yang mengenai kornea, lensa atau di belakang lensa. Bila kelainan sejak lahir kemungkinan suatu dermoid/epidermoid cyst, namun bila didapat setelah lahir kemungkinan suatu ulkus kornea (borok kornea) atau bekas ulkus. Bila mengenai lensa bisa timbul katarak kongenital. Sedangkan bila kelainan di belakang lensa dapat disebabkan imaturitas saraf mata, tumor ganas saraf mata atau yang lain. Pemberian terapi tergantung penyebabnya. Untuk mengetahui lebih lanjut dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis mata.

  24. iskandar said,

    November 4, 2010 at 3:53 pm

    selepas welding tanpa memakai penghadang mata, mata sy terasa seperti silau2 dan spt susah utk fokus apabila melihat sesuatu dan pening2 kepala walaupun setelah 2 minggu berlalu.. sy welding dgn jarak dkt kurang 1 meter tetapi hanyalah untuk beberapa saat.
    adakah ini menunjukkan sebarang kerosakan pada mata saya dan apa penyelesaian yang saya boleh lakukan?

  25. Media Mata said,

    Desember 3, 2010 at 10:22 am

    Kemungkinan mata anda terkena benda asing dari pekerjaan welding tersebut. Kornea akan terasa nyeri, silau dan berair. Bila benda asing berupa gram (besi) menempel dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan kekeruhan pada kornea. Sebaiknya hubungi dokter mata terdekat, bila benda asing masih menempel sebaiknya segera diambil.

  26. adham said,

    Desember 12, 2010 at 12:38 pm

    salam..sebelum ini masa menghadapi masalah iaitu ada gelembung yg sangat kecil tumbuh di bahagian bawah bulu mata. Saya berjumpa dengan doktor di klinik kerajaan dan beliau memberitahu bahawa itu tidak mendatangkan kebahayaan. Tetapi pada masa yang sama saya sering mengunakan tangan untuk memecahkan gelembung itu yang tumbuh tetapi sekarang tidak lagi tumbuh. Masalah lagi satu yang timbul ialah sekarang ini saya menghadapi masalah pedih mata yang sudah hampir seminggu. kebimbangan saya jikalau kuman atau bakteria yang menjangkiti kedua belah mata saya. sekian terima kasih

  27. bellney eng said,

    Desember 14, 2010 at 7:26 pm

    apakah rawatan moden dan tradisional bagi penyakit tinggi tekanan di mata

  28. gio said,

    Januari 12, 2011 at 9:40 pm

    saya mengalami suatu gejala yang aneh…
    mata say seperti kotor dan saya seperti melihat benda asing..
    ketika sayang menggerakan bola mata saya benda itu itupun mengikuti..
    bentuknya seperti serabut.. tapi anehnya ketika saya meminta orang lain untuk melihatnya di bagian pupil mereka tdk menemukan apa2.. sblmnya saya pernah ke dokter dan dokter tdk menemukan apa2..
    mohon bantuannya terimakasih

  29. Media Mata said,

    Januari 21, 2011 at 1:16 pm

    Penyakit anda yang berupa gelembung tersebut kemungkinan adalah hordeolum (timbil). Gelembung yang anda alami bisa saja karena infeksi pada kelenjar-kelenjar di kelopak mata. Keluhan mata pedih anda dapat disebabkan sindroma mata kering. Terapinya adalah dengan air mata buatan (artificial tears).

  30. Media Mata said,

    Januari 21, 2011 at 1:25 pm

    Penyakit tekanan mata tinggi atau biasa disebut glaukoma bisa diterapi secara medikamentosa, laser atau pembedahan. Pengobatan penyakit ini adalah seumur hidup, sehingga pengobatannya sesuai prinsip “start low, go slow”, diterapi dengan obat dulu, bila tidak terkontrol baru dilakukan pembedahan, kecuali pada kasus yang akut.

  31. Media Mata said,

    Januari 21, 2011 at 1:49 pm

    Gejala yang anda alami adalah floaters. Floaters terjadi bisa disebabkan karena proses degenerasi di cairan vitreus atau di retina. Cairan vitreus yang normal berwarna jernih dan berbentuk gel, sedangkan pada yang degenerasi menjadi lebih encer dan tidak jernih. Pada retina yang mengalami degenerasi terjadi penipisan sehingga berisiko terjadinya ablasio retina (saraf mata lepas). Yang penting selain rutin cek ke dokter mata, perlu diawasi tanda bahayanya, yaitu bila keluhan floaters makin banyak atau makin membesar, dan disertai kilatan cahaya (fotopsia).

  32. Kim Soo Rim said,

    Januari 23, 2011 at 3:03 pm

    saya sudah menderita penyakit ini sejak kelas dua smp dan sekarang saya sudah 3 sma.
    gejalanya itu sakit sekali, dan berair, dan sampai tidak bisa membuka mata.
    biasanya itu terjadi jika saya sudah tidak menggunakan kacamata untuk waktu yang lama atau terlalu lama menggunakan barang elektronik.
    saya pernah periksa ke dokter katanya kornea difraksi tapi saya kurang paham, skrang saya menggunakan kacamata silinder 0.75 sbelah kanan dan 0.5 seblah kiri.
    bisa lebih dijelaskan apa itu kornea difraksi?

  33. budi said,

    Januari 29, 2011 at 12:51 pm

    saya umur 41 th, 3 bln lalu mata kanan saya kabur separuh bawah gelap atas terang setelah 1 minggu malah gelap semua 80%, setelah di fotO ****** sby ternyata optic mata kanan melebar, katanya stroke mata, penyebabnya dokter tidak tau karna gula, kolestrol normal. apa nama penyakit mata saya dan apakah bisa adi obati. thanks

  34. Media Mata said,

    Januari 31, 2011 at 1:19 pm

    Gejala yang anda alami bisa saja karena astigmatisme/kelainan silinder. Istilah difraksi biasanya digunakan untuk menerangkan perjalanan sinar yang masuk ke mata. Mungkin maksud anda kelainan refraksi. Kelainan refraksi bisa disebabkan faktor indeks refraksi kornea atau lensa dan kelainan panjang sumbu bola mata.

  35. Media Mata said,

    Januari 31, 2011 at 1:40 pm

    Stroke mata atau penyakit oklusi/pembuntuan pembuluh darah retina bisa terjadi pada siapa saja. Penyakit yang mendasari bisa karena kelainan darah/hiperviskositas darah, hiperkolesterolemia, hipertensi dan lain-lain. Penyembuhannya tergantung faktor penyebab dan lokasi oklusi. Bila oklusi terjadi di pusat penglihatan maka penglihatan dapat menurun. Bila oklusi terjadi di percabangan yang jauh dari pusat penglihatan maka tidak akan mengganggu penglihatan. Bila oklusi dapat terbuka segera, maka penglihatan mungkin saja bisa kembali. Namun bila tidak, maka penglihatan akan menurun.

  36. Esti said,

    Februari 7, 2011 at 2:31 pm

    Saya umur 46 th, sekarang mata saya sering mengeluarkan air seperti orang menangis, kira2 gejala apa ya……….thx

  37. Media Mata said,

    Februari 10, 2011 at 10:46 am

    Pada usia lanjut masalah gangguan air mata memang sering terjadi. Kelainan tersebut dinamakan Sindroma Mata Kering. Sindroma ini bisa diatasi dengan penggunaan tetes mata air mata buatan (artificial tears).

  38. candra said,

    Februari 21, 2011 at 12:24 pm

    suami saya mengalami gangguan mata sejak 3 minggu yg lalu,awalnya mata merah di sertai pusing sampai terasa ke otak,setelah di periksakan ke dokter spm,katanya infeksi,di beri obat pil dan tetes.namun sampai sekarang masih terasa sakit di bagian belakang bola mata.pusingnya sdh berkurang,tpi sekarang penglihatan terasa kabur seperti ada benda di dalam tapi di periksakan ke dokter mata tidak menemukan apa2.mohon petunjuknya!

  39. Media Mata said,

    Maret 3, 2011 at 12:28 pm

    Kemungkinan besar keluhan yang anda alami disebabkan karena adanya infeksi, hanya belum jelas dimana letak infeksinya. Informasi yang anda sampaikan belum bisa memberikan gambaran penyakit yang anda alami. Mungkin awalnya sakit mata konjungtivitis dan kemudian menjadi keradangan di kornea (keratitis) sehingga memberikan keluhan benda asing. Namun bisa jadi infeksi dari dalam bola mata (vitritis).

  40. Rizky adi said,

    Maret 7, 2011 at 4:57 pm

    saya mau nanyak di mata anak saya yang berumur 5 bln,. ada kayak selaput putih disebelah pupil matanya,.. kira2 bisa dihilangkan dengan obat apa?
    dan apakah itu berbahaya bagi mata anak saya,.. saya takutnya fatal tolong bantuanyya,.. terima kasih klo bisa e-mail ke ngatuk@rocketmail.com

  41. ocha gladys said,

    Maret 14, 2011 at 8:02 pm

    telah tumbuh daging dimata saya , bagaimna cara untuk menghilangkan daging tersebut ya, tolong mohon beri tahu. ocha gladys umur 21

  42. Wawan said,

    April 4, 2011 at 9:55 am

    Saya berumur 24 Tahun, saya mengalami penyakit mata sebelah kanan, ada bintik putih pada mata saya bagian bola mata yg hitam,,sudah saya bawa kedokter, tetapi hasilnya tidak memuaskan, mata saya tetap ada bintik putih, dokter hanya memberi tetes mata, salap dan obat pil lainya, sakit mata ini sdh saya alami selama 10 tahun, klw kena sinar mata saya merah dan berair. ini sangat membuat saya tidak PeDe.
    yg mau saya tanya
    1. apakah nama penyakit mata saya?
    2. apakah mata saya harus dioperasi, krena klw sy tanya dokter, ktnya tidak harus operasi…
    3. seandainya operasi, berapa dana yang harus saya sediakan agar keluhan mata saya sembuh total….
    mohon pencerahannya….
    terima kasih sebelumnya.

  43. Media Mata said,

    April 7, 2011 at 9:49 am

    Bintik putih pada mata bisa karena infeksi atau keradangan (keratitis) atau sudah merupakan suatu sikatriks (jaringan parut). Bila masih suatu keradangan (keratitis) harus diterapi sampai sembuh. Bila suatu sikatriks, dapat diterapi atau dibiarkan tergantung gangguan penglihatan yang timbul. Bila cukup tebal dapat dilakukan Keratoplasti.

  44. Media Mata said,

    April 8, 2011 at 12:31 pm

    Anak-anak umur 5 bulan, adanya selaput putih di tepi pupil kemungkinan suatu epibulbar dermoid cyst. Mungkin ibu dapat menyertakan gambarnya supaya bisa kami perkirakan penyebabnya. Bila kelainan tersebut merupakan epidermoid cyst maka tidak membahayakan, yang penting tidak menutupi pupil/manik mata.

  45. Media Mata said,

    April 8, 2011 at 12:40 pm

    Apakah daging tumbuh yang anda maksud seperti pterigium pada gambar kami? Bila memang pterigium maka dapat dilakukan operasi asal sudah ada indikasi operasi. Diantaranya adalah pterigium sudah masuk kornea 3mm dan atau timbul kelainan refraksi astigmatisme. Pterigium pada usia muda mudah terjadi rekurensi/ kekambuhan apabila dilakukan operasi.

  46. imron said,

    April 14, 2011 at 1:58 pm

    Umur 32 tahun,mata saya ada bayang2 yang bergerak mengikuti,sakit apa ya Dok.

  47. Media Mata said,

    April 18, 2011 at 10:17 am

    Bayang-bayang yang mengikuti biasanya dalam istilah kedokteran disebut floaters. Floaters bisa disebabkan karena pengenceran badan vitreus atau tanda awal lepasnya saraf retina. Bila bayang-bayang tersebut terjadi akut dan semakin progresif sebaiknya segera menemui dokter mata karena dikhawatirkan tanda awal lepasnya saraf mata (ablatio retina/retinal detachment)

  48. chery said,

    Mei 16, 2011 at 3:29 am

    dok, di pinggiran kornea saya ad bintik putih kecil yg agak timbul, bagian putih’y juga selalu merah.. Itu sngat mnggaggu sekali.. prtnyaan’y apakah itu kanker bola mata atau penyakit mata biasa? Tolong beri pnjelasan’y ..terimaksih

  49. sri anwar said,

    Mei 18, 2011 at 10:00 pm

    sy wanita 26thn, sudah 2minggu sy mengalami keanehan di mata kiri sy awalnya sy bangun pagi tiba-tiba mata kiri sy byk kotoran matanya tapi seperti lendir, 2hari kemudian baru mulai kemerahan dan bengkak dan keesokan harinya pandangan mata kiri sy kabur rasanya ada selaput ditambah seperti ada kasar2 (pasir) di mata rasanya nih mata perih banget kadang beberapa menit ga bs dibuka matanya trus kalau berhadapan langsung sinar atau cahaya yg terang mata kiri sy ga bs dibuka dan rasanya perih menurut dokter di sebabkan oleh bakteri trus cm di kasi obat tetes mata tp tiap kali memakai obat tsb mata rasanya perih & ga bs dibuka sampai skr perihnya agak berkurang tp pandngan masih kabur, kira- kira apa jenis penyakit mata yg sdg melandaku ini, mohon bantuan dan sarannya, terima kasih sebelumnya.

  50. roikha said,

    Mei 23, 2011 at 8:29 pm

    mata kanan saya terdapat daging tumbuh…itu tersa perih juga selalu merah……….apkah itu haruz di operasi?adakah jalan lain selain itu?semisal diberi obat ap begitu?terimakasih

  51. desy said,

    Mei 24, 2011 at 3:19 am

    saya ingin bertanya bola mata saya telah brubah warna tidak hitam lagi melainkan abu abu .
    saya ingin tahu apa penyebab dan nama penyakit nya ?
    bagaimana cara untuk mengatasinya.

  52. dhani said,

    Mei 24, 2011 at 9:16 am

    usia saya 45,,stelah membaca analisa yg ada,,ke adaan mata saya,(floaters) tadi yg terlihat se perti rambut,dan bintik bulat sedikit dan kini smangki banyak
    udah 2 kali priksa saya hanya mendapat obat tetes,,namau tak ada perubahan
    apakah masalah ini bisa di sembuhkan,,terima kasih.media mata,

  53. Media Mata said,

    Juni 8, 2011 at 1:51 pm

    Anda dapat memberikan tetes mata artificial tears untuk mengurangi keluhan perih di mata. Bila mata masih merah dan anda rasakan, temui dokter mata di kota anda. Operasi hanya dilakukan bila sudah ada indikasi saja.

  54. Media Mata said,

    Juni 8, 2011 at 1:57 pm

    Mohon maaf, kami belum bisa menangkap keluhan anda, mohon berkenan mengirimkan foto ke alamat email kami, atau anda segera menemui dokter mata terdekat.

  55. Media Mata said,

    Juni 8, 2011 at 1:59 pm

    Penyebab floaters bisa disebabkan faktor retina atau vitreus (badan kaca). Bila pada retina sudah didapatkan tanda-tanda degenerasi maka berisiko terjadi ablasio retina (robekan pada retina). Hal ini biasanya terjadi pada penderita dengan miopia. Sedangkan bila mengenai vitreus, bisa disebabkan karena proses degenerasi di vitreus ataupun proses keradangan di vitreus. Floaters yang pada awalnya sedikit namun kemudian bertambah banyak atau disertai kilatan cahaya perlu diwaspadai. Anda dapat menemui dokter mata yang ahli di bidang vitreoretina, yang akan memeriksa dengan lebih teliti dengan alat yang sesuai dengan keluhan anda.

  56. Media Mata said,

    Juni 24, 2011 at 1:03 pm

    Bintik putih kecil di pinggir kornea yang dimaksud bisa disebabkan karena pinguekula atau pterigium. Pterigium awal juga bisa memberikan gambaran yang sama. Kelainan seperti ini biasanya jinak, namun untuk memastikannya dapat menemui dokter mata di tempat anda.

  57. Media Mata said,

    Juni 24, 2011 at 1:27 pm

    Mohon maaf sebelumnya, karena kami lambat menjawab bu. Penyakit ibu bisa disebabkan karena infeksi yang terjadi pada kornea. Keluhan yang akut seperti ibu biasanya karena bakteri. Pengobatan yang maksimal sangat diperlukan. Infeksi ini disebut keratitis (disertai kabur). Perlu diwaspadai bila infeksi berlanjut dapat menjadi ulkus (borok mata). Bila sudah seperti ini dapat menimbulkan gangguan penglihatan yang menetap.

  58. Via said,

    Juli 18, 2011 at 3:15 pm

    Hallo dokter,sya ada sdkt masalah,di bagian interior rectus muscle mata saya ada warna pth seperti kalo di bi2r it sariawan,dia ukuranx sih msh kecl cma kalo saya mencoba melirik ke atas dan berkedip,agak seperti ada bulu mata masuk ke mata,it knpa ya doktr?mhon penjelasanx,trims

  59. Media Mata said,

    Juli 29, 2011 at 12:54 pm

    Mungkin kelainan yang anda alami adalah suatu massa di konjungtiva, bisa berupa kista konjungtiva, lipodermoid atau yang lainnya. Bila anda ingin mengetahui diagnosis pasti, dapat dilakukan biopsi (FNAB) atau menemui dokter mata.

  60. phia neysa said,

    Agustus 11, 2011 at 6:22 am

    adik saya usia 24thn, mata kirinya tertutup sendiri, sekarang malah tambah kecil, sudah periksa ke dokter katanya ada tumor. apa penyebab tumor ini, apakah bisa diobati dengan operasi?? terima kasih mohon bantuannya.

  61. Ridha said,

    Agustus 18, 2011 at 8:11 am

    Halo dokter, saya ingin bertanya penyakita apa yang terjadi pada mata saya dengan gejala jika saya memfokuskan penglihatan mata saya pada satu titik, maka seperti ada menghalangi pandangan saya berupa bayangan hitam, namun daerah penglihatan lainnya bisa saya lihat dan itu terjadi hanya di mata sebelah kiri saya saja. mohon bantuannya ya dokter.

  62. aip said,

    Agustus 18, 2011 at 12:46 pm

    Mkasih Banget Tulisan Anda Sangat-Sangat Membantu…

  63. Media Mata said,

    Agustus 19, 2011 at 12:19 pm

    Tumor dapat dioperasi atau tidak tergantung banyak hal, yaitu lokasi, jenis tumor, besar tumor, dan lain-lain. Sebaiknya anda hubungi dokter mata terdekat untuk mengetahui sejauh mana prognosis tumor yang anda alami. Ada beberapa tumor yang tidak memerlukan operasi.

  64. Media Mata said,

    Agustus 19, 2011 at 12:47 pm

    Keluhan anda melihat bayangan hitam kemungkinan suatu skotoma, bisa disebabkan karena kelainan saraf mata termasuk lintasannya. Anda dapat menemui dokter mata (ahli retina atau neurooftalmologi) untuk mendapatkan penjelasan letak kelainannya.

  65. Ridha said,

    Agustus 19, 2011 at 2:45 pm

    terima kasih banyak atas info ny,pak.

  66. Ridha said,

    Agustus 19, 2011 at 2:57 pm

    namun, apakah skotoma tu menyebabkan kebutaan,dok?

  67. desi said,

    September 5, 2011 at 4:08 pm

    halo dokter saya ingin bertanya..
    teman saya jika bangun tidur pas mmbuka matanya terasa gelap sperti buta..
    gejalanya suka pusing..
    jika ia begadang mata trasa buta itu trjadi slama15 mnit..
    jika ia tdk bgadang hnya trjadi 5 mnit..
    ttapi jika bnyak tidur trjadi 3 / 4 jam..
    itu pnyakit apa y?
    dan d sebabkan oleh apa???
    bisa di sembuhkan gak ??
    trims…

  68. martha said,

    September 30, 2011 at 1:28 pm

    siang dok saya mau tanya, d bola mata saya yg bag putihnya d sbelah kanan ada seperti gumpalan putih/bening menonjol msih kcil tapi klo lelah, kena air benjolan bening itu memerah.. kira2 itu knp yah dok?

  69. Media Mata said,

    Oktober 4, 2011 at 3:16 pm

    Dear Ridha,
    Skotoma merupakan suatu tanda dari kelainan pada saraf mata dan lintasan penglihatan. Harus dicari penyakit yang mendasarinya. Pada kasus-kasus tertentu bisa saja berakibat kebutaan apabila dibiarkan.

  70. Media Mata said,

    Oktober 4, 2011 at 3:28 pm

    Dear Desi,
    Kelainan teman anda suatu transient visual loss (amaurosis fugax). Kelainan ini perlu diwaspadai. Sebaiknya anda segera memeriksakan ke dokter mata subspesialis neuro-oftalmologi untuk mencari kelainan yang mendasari.

  71. Oktober 8, 2011 at 10:45 pm

    Intimately, the blog post is definitely the most desirable on this deserving theme. I harmonize with your conclusions and will desperately expect your potential updates. Saying thank you will never just be enough, for the excellent clarity in your article. I will right away get your rss to stay informed of any updates. Very good work and much success in your business dealings.. Take care, !

  72. Oktober 9, 2011 at 3:49 am

    I really loved this amazing website. Be sure to keep up the good work. Best Regards ..

  73. Oktober 9, 2011 at 5:57 am

    Hello my loved one! I want to say that this article is awesome, great written and include almost all important infos. I would like to peer more posts like this .

  74. Oktober 9, 2011 at 12:14 pm

    Hi there! I just wanted to ask if you ever have any trouble with hackers? My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing months of hard work due to no back up. Do you have any methods to protect against hackers?

  75. Reno Abdillah said,

    Oktober 31, 2011 at 11:24 pm

    saya mao tanya nih. permukaan putih mata saya terlihat kotor. warnanya coklat. apa ini gejala akan tumbuh daging pada mata saya.,,,,?? mohon jawabannya ,,! terima kasih ,,,

  76. tika said,

    November 10, 2011 at 9:46 am

    halo saya tika saya mau tanya saya mempunyai benjolan di kelopak mata bagian kiri terdapat di dalam,awalnya merah dan terasa sakit tapi sekitar 2 hari merah hilang tapi benjolan masih ada,ketika saya tekan tidak tersa sakit,benjolan ini sudah ada sekitar 2 minggu.saya mau tanya termasuk kedalam mana benjolan dalam kelopak mata saya ini .terima kasih sebelumnya.

  77. kinara said,

    November 12, 2011 at 7:08 pm

    Halo dokter, Anak sy usia7 th,drkelopak mata kanan tepat di tmpt tmbhnya bulu mata atas keluar spt kotoran mata,setelah kering & lepas akan muncul lg di tmpt yg sama.Stlah sy bw ke dokter A,ktnya bola mata bag.bwh tergores sesuatu,lalu diberi obt minum Amoxylin & Natrium diklofenak,obt tetes dibekacin sulfate.Stlah 2X kontrol & minum obt serta tetes yg sm tdk ada perubhn.Di bola mata bag.bwh sy lihat ada garis yg kmgknan itu yg dimksd dokter tergores. Krn kotoran msh kluar,anak sy bw ke dokter lain di RS Mata. Jwbnnya sama tergores. Anak sy setiap melihat sinar selalu merasa silau/tdk tahan.Dr dokter B obt diganti jd Floxa & Epithel.Stlh memakai Floxa & Epithel kotoran mata tdk kluar lg.Tp sy perhatikan trnyata di mata kiri di bola mata bag.bwh ada spt garis/warna putih2 mirip spt di bola mata kanan.Wktu kontrol,krn tdk ada dokter B anak sy diperiksa dokter lain.Kt dokter C itu bkn tergores,tp infeksi oleh VIRUS Herpes,krn cirinya sgt khas.Lalu diberi tablet acyclovir,obt tetes Floxa & epithel diteruskn,ditmbh salep mata acyclovir. Sy jd bingung,sebenarnya mata anak sy kena apa??Apa benar terkena Virus Herpes? Apakah bs disembuhkan? Krn dokter yg memeriksa mengatakan ini sgt serius.Sdh sebulan ini obt tetes terus msk ke mata anak sy,terus terang sy sgt2 khawatir.Tks sblmnya .

  78. November 17, 2011 at 1:39 pm

    saya gadis berusia 21 tahun terkena infeksi pada kornea (keratitis).
    yang ingin saya tanya kan apakah sakit keratitis ini dapat disembuhkan?
    karena sampai saat ini mata tidak dapat melihat dengan jelas (kabur).
    trimakasih.

  79. tikaaaa said,

    Desember 25, 2011 at 3:51 am

    saya kartika dewi, umur 19 tahun di bogor. mata saya minus 4,50. saya memakai kacamata sejak SD kls 6. dan ketika kelas 2 SMA saya memakai softlens, hingga skrg sudah 3 tahun saya memakai softlens, tetapi pemakaiannya tidak mengikuti prosedur, saya sering sekali tidur dengan menggunakan softlens. suatu hari mata saya tidak kuat apabila melihat cahaya yg terang, saya pikir ini karna softlens saya yg ketika itu belum saya ganti karna sudah 3 bulan. selain tdk bs mlihat cahaya yg terang, mata saya juga terlihat merah dan terasa nyeri. saya akhirnya diantar ibu saya ke PMI. dan kata dokternya, mata saya korneanya kena. stelah itu saya diberi obat cendo minidose dan cendo yg dibotol kecil itu. stelah ditetes mata saya terasa perih..sperti kena air cabai. tetapi jelang beberapa hari mata saya sembuh, sudah tdk skt, dan merah lg, jg sudah bs melihat. atas intruksi dokter saya tdk boleh memakai kacamata lg agar konea saya tdk tambah parah. pemakaian obat itu pun tidak saya teruskan, karna saya pikir sudah sembuh.
    kemudian setelah sebulan, kelopak mata kanan saya pada bagian atas terasa nyeri lg, saya coba tetes mata saya dengan obat mata cendo yg minidose itu, 2 hari kemudian timbul benjolan yg jika dipencet lumayan sakit.
    lalu 2 hari berikutnya lagi mata kiri saya terasa gatal, kmudian saya kucek2, dan besoknya kelopak mata saya timbul benjolan juga. yg jika di pencet terasa lebih sakit. jika berkedip, kedua mata saya tidak terasa sakit, namun jika dipejamkan secara paksa mata saya terasa sakitnya. dan beberapa hari ini juga saya menjadi susah tidur sperti insomnia, jd biasanya saya sering online di laptop dari jm 12 malam sampai jm 9 pagi.
    sakit dari benjolan di klopak mata saya ini belum saya periksa ke ahli mata PMI scara langsung.
    maka dari minta tolong saran dan bantuan dari dokter ni. yg saya ingin tanyakan:
    1. apakah benjolan pada kelopak mata saya menular?
    2. apakah bejolan itu ada hubungannya dari skt pada kornea mata saya sebelumnya?
    3. apa yg harus saya lakukan untuk menyembuhkan benjolan pada mata saya ini?
    4. apa yg menyebabkan benjolan pada klopak mata saya ?

    terima kasih atas saran dan bantuannya dok..

  80. Media Mata said,

    Desember 30, 2011 at 2:26 pm

    Dear Reno,
    Mata yang tampak kurang jernih bisa disebabkan banyak hal diantaranya iritasi, alergi atau infeksi. Penyebab tersering adalah iritasi. Iritasi karena Sindroma Mata Kering (Dry Eye Syndrome) banyak sekali dijumpai. “Mata kotor” tidak selalu diikuti dengan “tumbuh daging”, namun iritasi berulang dapat menjadi faktor resiko terjadinya “daging tumbuh”.

  81. Media Mata said,

    Desember 30, 2011 at 2:54 pm

    Dear Tika,
    Kemungkinan benjolan mata anda adalah suatu hordeolum. Hordeolum ini awalnya kelopak mata merah, lama-lama membesar dan timbul perubahan konsistensi benjolannya menjadi lebih lunak. Pada fase akut benjolan ini terasa nyeri, namun setelah itu pada fase supurasi, rasa nyeri makin berkurang.

  82. Media Mata said,

    Desember 30, 2011 at 3:16 pm

    Dear Kinara,
    Mata merah dapat merupakan indikasi adanya kelainan di konjungtiva, kornea, atau struktur mata di belakangnya. Adanya kelainan di kornea mata (keratitis), bisa saja disebabkan trauma (kecelakaan) atau komplikasi lebih lanjut dari konjungtivitis. Apapun penyebabnya, kemungkinan infeksi harus diwaspadai. Bila diperlukan penderita dapat rawat inap untuk mendapatkan terapi yang intensif.

  83. Media Mata said,

    Januari 2, 2012 at 3:17 pm

    Dear Tika,
    Benjolan di kelopak mata (sebelah dalam) anda tidak menular. Benjolan (giant papillary conjunctivitis) tersebut bisa merupakan komplikasi dari pemakaian soft lens. Benjolan itu kemungkinan ada hubungan dengan sakit pada kornea sebelumnya. Benjolan tersebut bisa mengakibatkan goresan pada kornea, sehingga kornea erosi dan nyeri. Untuk sementara waktu hentikan pemakaian soft lens sampai penyakit anda dinyatakan sembuh oleh dokter mata.

  84. ahmad yani said,

    April 9, 2012 at 1:11 pm

    halo dokter,,,saya a.yani, saya mau nanya nih, ibu saya usianya 67 tahun, skarang dirawat dirumah sakit dengan keluhan komplikasi, pada saat masuk RS diagnosa pertama bronhitis dan gastritis, penyakit sekarang bertambah dengan infeksi pada mata sebelah kiri dengan keluhan vertigo dan sangat sering mual dan muntah, kata dokter matanya mual dan muntah ibu saya bukan disebabkan oleh gastritisnya melainkan disebabkan oleh infeksi pada matanya dan disarankan untuk tdk melanjutkan obat untuk gastritisnya dan difokuskan pengobatan pada matanya. mohon saran dan penjelasannya langkah apa yang harus kami lakukan, terimah kasih sebelum dan sesudahnya,

  85. April 17, 2012 at 5:44 pm

    Saya Nurul Usia 17 tahun.
    Keluhan saya : sakit dibagian ujung mata. bola mata terasa sakit bila dipegang dari ujung mata. lalu saat mengedipkan mata pun terasa sakit. apalgi saat sujud mata dan kepala saya terasa sakit luar biasa.

    yang ingin saya tanyakan:
    1. ada apa/apa jenis penyakit saya ini
    2. apa penyebabnya
    3. sebaiknya apa yang harus saya lakukan??

    mohon balesannya ya tim Media Mata :(

  86. Media Mata said,

    April 20, 2012 at 12:32 pm

    Dear Nurul,
    Keluhan yg anda rasakan kemungkinan merupakan suatu proses keradangan yang bisa disebabkan iritasi, infeksi atau sindroma mata kering. Infeksi yang timbul bisa pada kelopak mata atau konjungtiva. Dapat diberikan artificial tears bila keluhan tidak terlalu mengganggu. Namun bila keluhan masih ada, perlu dilakukan pemeriksaan lebih detil oleh dokter mata.

  87. Media Mata said,

    April 20, 2012 at 12:43 pm

    Dear Ahmad Yani,
    Salah satu penyakit mata memang ada yang memberikan keluhan seperti yang dirasakan oleh ibu anda, yaitu mata merah disertai mual muntah. Penyakit ini disebut glaukoma akut. Untuk memastikannya silahkan menemui dokter mata terdekat sesegera mungkin karena memerlukan penanganan yang cepat. Karena bila terlambat dapat menyebabkan penurunan penglihatan permanen.

  88. imam said,

    April 23, 2012 at 9:24 pm

    Langkah medis apa yg seharus’a dilakukan bila Trauma Kimia Troft4 sampai terjadi…?
    *saya sdh menjalani Tattoo kornea, tp tinta di kornea hanya bertahan 30hr. @RSCM

  89. Anis said,

    April 27, 2012 at 11:02 am

    Saya Anis usia 24tahun… sejak 2hari yang lalu mata saya terasa ada yg mengganjal… kebetulan dikantor saya ada dokter, saya meminta beliau untuk memeriksakan mata saya. beliau bilang dimata saya ada garis putih disekitar kornea (tidak melingkar, hanya goresan saja). beliau menganjurkan untuk konsul ke spesialis mata. kira2 mata saya knp ya?? dan saya harus bagaimana?

  90. Michael said,

    Mei 3, 2012 at 2:07 pm

    Dokter Yth,
    Mohon penjelasan mengapa trauma mata yang disebabkan oleh bahan kimia Alkalis lebih berbahaya dibandingkan dengan yang disebabkan oleh bahan kimia yang bersifat Asam?
    Terima kasih banyak.

  91. gulfy said,

    Juni 1, 2012 at 11:45 pm

    permisi dok, saya mau tanya.
    di mata saya bagian atas ujung dalam yang dekat hidung terdapat benjolan kecil merah dengan bintik putih di tengahnya. mata saya jadi sakit dan suka jadi keluar air mata dan kotoran mata (belek).
    apa yang harus saya lakukan untuk mengobatinya dok??
    apa ini benjolan berbahaya??
    trima kasih

  92. Media Mata said,

    Juni 8, 2012 at 1:21 pm

    Penatalaksanaan trauma kimia pada prinsipnya sama pada semua derajat/grade, yaitu irigasi, mengatasi keradangan, dan mempercepat penyembuhan luka. Yang membedakan adalah prognosisnya, makin tinggi grade nya maka prognosis makin buruk. Bagaimana hasil tato kornea anda apakah membantu?

  93. Media Mata said,

    Juni 8, 2012 at 1:27 pm

    Dear Anis,
    Bila mata terasa mengganjal bisa karena keradangan, dry eye, infeksi, benda asing. Bila ada garis putih di kornea bisa disebabkan infeksi atau erosi kornea akibat benda asing. Untuk mengetahui lebih lanjut memang sebaiknya diperiksa oleh dokter mata, apalagi sudah ada gejala dan tanda klinis yang anda sebutkan.

  94. Media Mata said,

    Juni 8, 2012 at 1:51 pm

    Dear Michael,
    Pada trauma kimia basa/alkali terjadi proses saponifikasi sehingga bisa terjadi penetrasi ke jaringan yang lebih dalam. Berbeda dengan trauma asam yang terjadi proses koagulasi sehingga prosesnya terlokalisir.

  95. Media Mata said,

    Juni 8, 2012 at 2:50 pm

    Dear Gulfy,
    Benjolan di kelopak mata bila terjadi akut (dalam hitungan hari s/d minggu) kemungkinan suatu keradangan. Namun bila benjolan tersebut menetap selama berbulan-bulan atau lebih, waspadai suatu keganasan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: