ORBITA, KELOPAK MATA & SISTEM LAKRIMAL


Ankyloblepharon

Ankyloblepharon (koleksi PPDS Mata UA)

Ankyloblepharon merupakan perlekatan dari sebagian atau seluruh tepi kelopak mata. Keadaan ini biasanya diturunkan (inherited). Terapinya adalah pembedahan.

Referensi : AAO section 6, 2004-2005, p.193

 

Oftalmopati Graves; terlihat proptosis & retraksi kelopak

Oftalmopati Graves; terlihat proptosis & retraksi kelopak (koleksi PPDS Mata UA)

Oftalmopati Graves nama lainnya adalah oftalmopati berkaitan-tiroid, oftalmopati distiroid, penyakit mata tiroid, orbitopati tiroid, eksoftalmos tirotoksik. Merupakan kelainan inflamatori autoimun, klinisnya ditandai oleh :  retraksi kelopak, lid lag, proptosis, miopati ekstraokuler restriktif, dan neuropati optik. Biasanya berkaitan dengan hipertiroid, namun bisa juga dengan hipotiroid atau tiroiditis Hashimoto.

Referensi : AAO section 7, 2006-2007, p.48

 

Hemangioma kapilare

Hemangioma kapilare (koleksi PPDS Mata UA)

Hemangioma kapilare merupakan tumor jinak primer orbita yang umum didapatkan pada anak. Sering nampak pada minggu pertama atau kedua setelah lahir dan membesar cukup cepat setelah usia 6 bulan – 1 tahun. Klinis kebanyakan letaknya superfisial dan mengenai kulit, berwarna merah seperti stroberi, meninggi dengan tekstur dimpled.

Referensi : AAO section 7, 2006-2007, p.64-65

46 Komentar

  1. rina said,

    April 20, 2009 pada 4:22 pm

    saya mau tanya seputar masalah kelopak mata saya ada benjolan yang semakin lama semakin besar, saya sudah ke RS tapi kata dokter ada jerawat di dalam kelopak yang tidak pecah seperti halnya jerawat biasa.boleh tolong dijelaskan? ini sudah 7 bulan?? dokter menyarankan untuk operasi kecil.. apakah tidak ada tindakan lain selain operasi??

  2. Media Mata said,

    Mei 8, 2009 pada 2:32 pm

    Bila ada benjolan di kelopak mata kronis kemungkinan bukan disebabkan oleh reaksi infeksi. Benjolan seperti ini biasanya disebabkan oleh keradangan steril pada kelenjar di kelopak mata atau bisa karena tumor jinak maupun ganas. Untuk memastikan penyebab dilakukan pemeriksaan biopsi aspirasi jarum halus (FNAB). Terapi pada kelainan seperti ini biasanya memang dengan tindakan operasi, kecuali tumor kelenjar getah bening yg diterapi dg kemoterapi.

  3. Agus said,

    Juni 23, 2009 pada 12:56 pm

    Kelopak mata saya sudah bengkak sejak thn 1999, sejak 4 thn ini sdh menjalar ke pipi kiri, hasil biopsi di RS menyatakan jenis penyakit saya adalah inflammatory pseudo tumor dan dokter memberikan obat Thermoxat, saya sdh konsumsi selama 3 bulan tapi tidak ada perobahan, dokter minta membaca kembali slide biopsi (Dr minta lampirkan hasil PA, disini saya pertanyakan kenapa hrs lampirkan PA dari RS A) dan ternyata hasilnya sama di RS B, saya juga coba cari info di internet tentang penyakit dan gejala yang mirip dgn penyakit saya, rasanya lbh cocok dgn penyakit Xantelasama, bgm menurut tim Media Mata, dan obat apa yang bisa direkomendasikan, krn operasi tentu biayanya agak mahal, terima kasih

  4. Media Mata said,

    Juli 2, 2009 pada 3:45 pm

    Untuk mendiagnosis suatu tumor berdasarkan hasil biopsi (histopatologi anatomi), bukan hanya dari klinis karena tumor bisa menyerupai apa saja. Sejauh pengetahuan kami, kasus-kasus inflammatory pseudotumor tidak memerlukan operasi.

  5. maria hartini said,

    Juli 2, 2009 pada 11:58 pm

    apakah penyakit mata yang disebabkan karena kelebihan hormon gondok bisa mengakibatkan bola mata semakin lama semakin bengkak, dan apabila bola mata yang telah menonjol bisa dikecilkan lagi sehinggga bisa seimbang antara kiri dan kanan. apakah perlu operasi dan apakah funsi bank mata

  6. Media Mata said,

    Juli 9, 2009 pada 4:22 pm

    Penonjolan mata akibat penyakit gondok/tiroid dapat mengenai satu atau dua mata. Dapat/tidaknya kembali normal tergantung dari stadiumnya, bila masih inflamasi bisa kembali normal, namun bila sudah terbentuk jaringan fibrotik tidak dapat kembali normal kecuali dengan bantuan operasi. Yang terpenting adalah penyakit tiroidnya sendiri harus diatasi agar tidak timbul komplikasi pada mata.

  7. irma said,

    September 9, 2009 pada 12:08 pm

    apa saja penyakit2 yang mengalami retraksi mata?lalu bagaimana mekanisme pengobatannya

  8. Media Mata said,

    September 28, 2009 pada 11:13 am

    Mohon diperjelas yang dimaksud dengan retraksi mata. Kalau yang anda maksud adalah retraksi kelopak mata bisa disebabkan karena penyakit tiroid. Pengobatannya sesuai penyakit yang mendasari. Namun bila tidak dapat kembali (ireversibel) dan terjadi paparan pada kornea dapat dilakukan operasi.

  9. ramdhan said,

    Desember 7, 2010 pada 9:05 pm

    saya mau tanya, di kelopak mata kiri atas sya tumbuh semacam daging. Sdh priksa k dokter, ktanya awalnya ada benjolan dan pecah tdk smpurna sjak 6bln yg lalu sya trus mngalami.y bhkn brgantian kiri dan kanan mata sya bengkak.. Kata dokter nama pnykt.y glu…ta gitu.. Lupa saya ?? Kta.y hrus d.operasi. Apakah ada jalan lain selain itu?

  10. Media Mata said,

    Januari 21, 2011 pada 12:57 pm

    Banyak kemungkinan benjolan yang anda alami, diantaranya adalah hordeolum/ timbil atau tumor yang lain. Bila hordeolum, sebaiknya dioperasi untuk membersihkan sisa jaringan. Bila tumor, sebaiknya diperiksa biopsi lebih dahulu untuk memastikan sel-selnya ganas atau tidak.

  11. uci said,

    Maret 27, 2011 pada 5:14 pm

    Di kelopak mata saya sebelah kiri ada benjolan kecil seperti kacang hijau saya sdh ke doktor tapi katanya itu hanya holodium..tapi jika sakit kepala saya sebelah kiri akan sakit dan mata saya akan mengeluarkan air mata. Apa yang harus saya lakukan? Terimksh sblumnya.

  12. Media Mata said,

    April 7, 2011 pada 9:56 am

    Benjolan yang anda alami sudah berapa lama? bila masih dalam 2 mingguan mungkin saja itu suatu Hordeolum, namun bila sudah cukup lama berbulan-bulan, kemungkinan suatu Chalazion/radang steril. Bila benjolan lama disertai krusta-krusta waspadai suatu keganasan.

  13. uci kamariah said,

    Agustus 15, 2011 pada 9:25 am

    hampir 6 bulan benjolan ini tdak hilang2,hingga skrng sy lebih mrasakan skit kepala yang sangat sakit mata sya juga trsa ingin trcabut,,.dan bisa jelaskan pada saya apa itu krusta-krusta..?

  14. Enik Kris said,

    Agustus 17, 2011 pada 4:30 am

    Diklopak mata saya ada bnjolan kecil dan me-merah *sdh 1 mggu ini* awalnya sakit skali, smpe susah membuka mata, lalu saya treatman dg mnggunakan “dermawand” disetrum gt, skrg sdh berkurang sakitya, tp bnjolanny msh ada dan agak mngeras. Apakah bnjolanny bs hilang sndiri nti nya? Perlukan sy ke dokter mata? Tks

  15. virginia ana belo said,

    Agustus 18, 2011 pada 7:45 am

    salam sejahtera,
    sejak thn 1976 sampai sekarang saya masih menggunakan mata palsu yg telah dipasang pertama kali wkt berumur 6 thn di sebuah rs di kota bandung. pd thn 1982 diganti lagi dgn mata palsu yg di buat di rs dr soetomo surabaya sampai dgn sekarang. Sekarang umur saya 40 dan kelopak mata palsu semakin mengecil hingga kadang2 mudah jatuh keluar klo berair. Apakah mata saya ini masih ada kemungkinan diganti dgn mata yg bisa melihat? Adakah donor mata utk saya? mohon petunjuk dan terima kasih.

  16. Media Mata said,

    Agustus 19, 2011 pada 12:24 pm

    Mohon maaf, kami kurang jelas mengenai deskripsi anda. Dimana lokasi benjolan anda, di kelopak mata atau di bola mata, dan apa maksud anda dengan krusta? Mohon maaf mohon penjelasan lebih detail.

  17. Media Mata said,

    Agustus 19, 2011 pada 12:32 pm

    Mungkin yang anda keluhkan adalah penyakit hordeolum ( atau “timbil” dalam bahasa Jawa), memang pada awalnya merah dan nyeri, lama kelamaan menjadi granuloma (yang mengeras). Sebaiknya anda temui dokter mata untuk membersihkan granuloma tersebut.

  18. ain said,

    Agustus 20, 2011 pada 11:05 pm

    dikelopak dalam mata saya tumbuh seperti jerawat memerah tidak membesar namun tempatny sering berpindah² dari kiri ke kanan bgitu juga dengan mata kiri dan kanan.dulu pernah diperiksa ke dokter ahli mata dan katanya terjadi peradangan dikarnakan terlalu sering memakai softlens.itu terjadi 6 tahun yang lalu.dan jerawat itu kadang masih suka ada sampai sekarang, yang tumbuh itu sebenarnya apa ya ? kalau sekarang saya memakai softlens lagi itu bahaya ga ya karna mata saya ada -03.00.apa harus ada tindak lanjut dan apa obatnya, mohon balasannya trima kasih

  19. uci said,

    Agustus 22, 2011 pada 9:42 am

    bjolannya terltak didlm kelpak mata kri sy,sudah 6bulan benjolan itu tdk hlnk2,awlx sih kata dokter hny hordeolum,tp hngga skrnk tdk hlnk,,sat in skitx smkin trsa hngga kpla kri sy ikt mrskn skt n kram dbgian blkng kpla sy… kmrin media mnjwb prtnyaan sy,,makax saya brtny kmbli tntg pnjlsn media yg menybutkn krusta-krusta

  20. Ucok said,

    Agustus 26, 2011 pada 8:23 pm

    Saya menderita pembengkakan di sudut kanan mata (di dalam rongga mata), sudah 6 tahun. Menurut dokter, pembengkakan tersebut berada di tempat produksi air mata. Sudah dibiopsi bukan termasuk kanker ganas. Tetapi pembengkakan tersebut semakin lama semakin membesar, sehingga bola mata saya terdorong keluar. Jika saya raba, besarnya hampir sebesar bola mata saya. Dokter bilang harus dioperasi, tetapi bisa menyebabkan buta karena dekat ke saraf-saraf mata. Apakah benar bisa buta jika dioperasi? Kalau sudah dioperasi adakah kemungkinan terjadi pembengkakan kembali? Mohon informasi kisaran biaya untuk operasi tersebut. Terima kasih atas bantuannya

  21. dika said,

    September 10, 2011 pada 4:37 pm

    saya mau tanya, awalnya mata saya terasa perih lalu saya kasih obat mata sembuh tapi kok tiba-tiba paginya mata saya ada benjolan ya? mohon jawabannya terima kasih.

  22. September 27, 2011 pada 3:46 pm

    I believe other website owners should take this site as an model, very clean and wonderful user pleasant pattern . “One of the first duties of the physician is to educate the masses not to take medicine.” by William Osler.

  23. Oktober 3, 2011 pada 3:59 am

    Hi, I think your website might be having browser compatibility issues. When I look at your blog site in Chrome, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, wonderful blog!

  24. Oktober 4, 2011 pada 9:42 am

    Magnificent goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you’re just too magnificent. I actually like what you have acquired here, certainly like what you are stating and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still take care of to keep it wise. I can’t wait to read far more from you. This is really a wonderful site.

  25. Media Mata said,

    Oktober 4, 2011 pada 3:23 pm

    Dear Ain,
    Kelopak mata yang sering tumbuh jerawat bisa disebabkan higiene kelopak mata yang kurang baik atau alergi. Sebelum pemakaian softlens sebaiknya dilakukan pemeriksaan menyeluruh pada mata & lapisan airmata. Lingkungan kerja juga mempengaruhi baik tidaknya memakai softlens.

  26. Media Mata said,

    Oktober 4, 2011 pada 3:31 pm

    Dear Dika,
    Dimana letak benjolan yang anda keluhkan? Di kelopak mata atau bola mata? Mohon maaf kami belum bisa memberikan komentar. Terimakasih.

  27. Media Mata said,

    Oktober 4, 2011 pada 3:45 pm

    Dear Ucok,
    Kami ikut prihatin dengan penderitaan anda. Benjolan yang anda alami kemungkinan suatu tumor kelenjar lakrimalis. Sebaiknya tumor anda dioperasi, karena bila dibiarkan akan semakin membesar. Operasi beresiko terjadi kebutaan, tetapi bila anda biarkan juga akan berakibat kebutaan karena saraf mata teregang. Untuk biaya tergantung masing-masing sentra pelayanan kesehatan mata/rumah sakit.

  28. Oktober 6, 2011 pada 3:12 am

    I discovered this site and I must be charmed ! I was looking for info for days …

  29. Oktober 8, 2011 pada 10:37 am

    hi blogger, I recently uncovered this website from yahoo and look at some of your other posts. They are awesome. Pls continue this great work.. Greets,

  30. Tawana Galey said,

    Oktober 8, 2011 pada 11:32 am

    Terrific paintings! That is the kind of information that are supposed to be shared around the net. Shame on Google for now not positioning this put up higher! Come on over and consult with my website . Thank you =)

  31. Kiera Hebel said,

    Oktober 8, 2011 pada 2:38 pm

    I have been surfing online more than three hours nowadays, yet I by no means found any fascinating article like yours. It is beautiful value sufficient for me. In my opinion, if all website owners and bloggers made just right content as you probably did, the internet might be much more useful than ever before.

  32. Oktober 9, 2011 pada 2:13 am

    You’ll find countless sources on the web on this subject. It’d take years to study everything. you’ve brought it all up, so that it is all available here, in this website.

  33. Oktober 9, 2011 pada 9:58 pm

    Hmm it looks like your website ate my first comment (it was extremely long) so I guess I’ll just sum it up what I submitted and say, I’m thoroughly enjoying your blog. I too am an aspiring blog writer but I’m still new to everything. Do you have any recommendations for beginner blog writers? I’d certainly appreciate it.

  34. asih said,

    November 17, 2011 pada 7:17 am

    Di kelopak mata saya ada benjolan kecil, dan sudah diamnil. tapi setelah operasi kecil itu, kelopak mata saya menjadi bengkak dan warnanya biru. apakah efek itu normal setlah operasi. ini sudah 3 hari pasca operasi dan efeknya masih sama.
    mohon penjelasannya. terimakasih.

  35. Media Mata said,

    Januari 9, 2012 pada 12:26 pm

    Dear Asih,
    Pembengkakan pada mata setelah operasi adalah hal yang wajar karena adanya reaksi inflamasi/keradangan. Untuk mengurangi reaksi tersebut, dokter biasanya telah memberikan obat-obatan anti inflamasi.

  36. vita said,

    Maret 8, 2012 pada 1:16 pm

    saya mau menanyakan masalah seputar mata saya. Sewaktu sma saya sering mengompres mata saya dengan timun, lama-lama saya merasa mata saya membengkak. Ketika saya periksakan kedokter mata katanya tidak apa-apa.
    Namun setelah itu setiap saya menangis bola mata saya bertambah membesar, sampai sekarang 11thn setelah kelulusan dari sma, bola mata saya semakin membesar, jauh dari ukuran semula, hingga kelopak mata saya ikut bengkak.
    Yang saya tanyakan bagaimana cara agar dapat mengecilkan bola mata saya seperti semula?. Adakah obat herbal tanpa harus dioperasi untuk mengecilkan mata saya agar bisa normal kembali?
    Terimakasih sebelumnya.

  37. Media Mata said,

    April 21, 2012 pada 4:53 pm

    Dear Vita,
    Anda perlu mencari second opinion ke dokter mata yang lain untuk memastikan diagnosisnya. Bola mata menonjol bisa disebabkan kelainan sistemik (mis. penyakit tiroid) atau tumor. Mohon diwaspadai.

  38. risya said,

    Mei 4, 2012 pada 7:12 pm

    sy mw tanya.anak sy seminggu stlh lahir teraba ad benjolan dikelopak mata atas ujung sebelah kanan tp tidak tampak.tp lama kelamaan makin membesar.skrg umur ank sy 7bln besarny spt biji kedelai.dy jrng keluar air mt pd mt kananny..kt dokter kemungkinan penyumbatan kelenjar lakrimalis mayor.apkh pengobatan untk ank sy hrs dibedah?atau tdk prl intervensi bedah?

  39. ayu said,

    Mei 28, 2012 pada 10:08 am

    saya punya benjolan dikelopok mata saya,
    atas sama bawah,
    ini udah berbulan-bulan,
    tapi belum saya periksakan kedokter
    udah pernah saya kompres pakek air hangat tapi tetep aja gak hilang-hilang..
    kira-kira kenapa dengan mata saya ya??
    mohon jawabannya
    terimakasih.

  40. lugar88 said,

    Juni 3, 2012 pada 1:20 am

    dear media mata,

    saya mau tanya, sejak lahir kelopak mata sebelah kiri saya agak turun, tapi yang kanan normal. sepertinya yang kiri itu tidak bisa membuka maksimal seperti yang kanan.
    apa yang harus saya lakukan suapaya keloopak mata kiri saya bisa sama seperti yang kanan? dan kalau boleh tau rujukan di surabaya yang baik dimana ya?

    terima kasih sebelumnya.

  41. Media Mata said,

    Juni 8, 2012 pada 1:57 pm

    Dear Risya,
    Benjolan di daerah kelopak mata atas kemungkinannya adalah kista,tumor atau keradangan. Untuk memastikan perlu pemeriksaan oleh dokter mata. Bila perlu pemeriksaan lebih jauh dilakukan biopsi pada benjolan tersebut.

  42. Media Mata said,

    Juni 8, 2012 pada 2:00 pm

    Dear Ayu,
    Benjolan yang anda ceritakan sepertinya adalah suatu proses keradangan steril (Chalazion). Terapinya adalah tindakan bedah. Namun tidak menutup kemungkinan benjolan tersebut adalah suatu tumor. Periksakan ke dokter mata.

  43. Media Mata said,

    Juni 8, 2012 pada 2:54 pm

    Dear Lugar88,
    Gambaran yang anda sebutkan merupakan suatu Ptosis Kongenital/bawaan. Untuk rekonstruksinya silahkan memeriksakan ke dokter mata ahli okuloplasti/rekonstruksi mata. Di Surabaya ada di RSUD dr. Soetomo dan di beberapa RS swasta.

  44. lugar88 said,

    Juni 8, 2012 pada 3:43 pm

    apakah setelah direkonstruksi bisa sama seperti yang sebelah kanan? dan kira-kira membutuhkan biya berapa untuk rekonstruksi tersebut? terima kasih

  45. aisyah said,

    Agustus 28, 2012 pada 11:13 am

    sya ingin tanya ank sya usianya 10 bln tp kra2 dr blan 7 ada benjolan dikelopak atas sbelah kanan klo dr depan kelihatan ada benjolan tp tdk brwarna merah.akan ttp jka dlhat dr dlam warnanya mrah sekali dan spti ada bintik hitamnya..berbahaya atau tdk?apa langkah2 tindakan medisnya?apakah hrs dioperasi?

  46. Media Mata said,

    Agustus 31, 2012 pada 1:08 pm

    Dear Aisyah,
    Mohon maaf kami belum bisa memahami maksud uraian yang anda sampaikan. Letaknya di kelopak mata atau bola mata? Kejadian sudah berapa lama? Kalau bisa difoto dan kirimkan via email Media Mata.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: