Selaput (Daging Tumbuh) Pada Permukaan Mata


Daging tumbuh pada mata (Koleksi KMU)

Pterigium, biasa dikenal oleh awam sebagai selaput/daging tumbuh pada permukaan mata, sering dialami beberapa orang. Pterigium ini bisa mengenai dewasa muda atau orang tua yang biasanya disebabkan iritasi berulang, salah satunya sindroma mata kering. Penatalaksanaannya ialah operasi, namun hati-hati bila usia masih muda karena kekambuhannya lebih tinggi. Jadi operasi dilakukan bila sudah ada indikasi.

About these ads

52 Komentar

  1. abe suripto said,

    April 24, 2010 pada 4:44 am

    bisa gk penyakit pterigium ini disembuh kan/di obati dgn obat luar/dalam/tetes mata? gmn cara pencegahan nya stlah operasi/lain na

  2. Media Mata said,

    Juni 4, 2010 pada 10:00 am

    Dear Abe Suripto,
    Pterigium bisa dihilangkan dengan operasi. Ada indikasinya kapan pterigium bisa dioperasi, diantaranya bila menyebabkan astigmatisme dan pterigium masuk ke kornea > 3 mm. Dan operasi kurang disarankan bila usia masih muda karena angka kekambuhannya tinggi. Pencegahannya dengan menghindari iritasi berulang pada mata, diantaranya pada sindroma mata kering diberikan artificial tears, menghindari paparan sinar matahari dan lain-lain.

  3. naziah jaafar said,

    Agustus 26, 2010 pada 10:14 am

    ubat cra tradisional ad x? kurangkan sakit

  4. Media Mata said,

    September 26, 2010 pada 11:03 am

    Mohon maaf pertanyaan mbak bisa dibuat lebih detail? Terimakasih.

  5. lulu said,

    Desember 2, 2010 pada 1:05 pm

    dimata saya juga ada seperti daging yang tumbuh .. terasa seperti ada yng ganjel .. apa itu berbahaya untuk mata saya??
    apa itu suatu penyakit ???
    trimakasih sebelumnya

  6. Media Mata said,

    Desember 3, 2010 pada 11:16 am

    Dear Lulu,
    Daging tumbuh pada mata anda bisa jinak atau ganas. Biasanya yang seperti selaput tipis di kornea adalah pterigium. Pterigium tidak berbahaya namun bila dibiarkan dapat semakin menuju ke tengah kornea dan dapat mengganggu penglihatan. Untuk memastikan anda dapat berkonsultasi dengan dokter mata setempat.

  7. lulu said,

    Desember 3, 2010 pada 11:57 am

    gimana cara mengobatinya ???
    apa ada obat tradisional untuk menghilangkannnya karna kebetulan saya takut ama yang namanya dokter …

  8. lulu said,

    Desember 3, 2010 pada 11:57 am

    kalau boleh tau … kenapa daging itu bisa tumbuh dimata saya ???

  9. riris said,

    Februari 28, 2011 pada 8:45 pm

    apa benar karena adanya pterigium,mata jadi bengkak dan korneanya keruh?

  10. Media Mata said,

    Maret 3, 2011 pada 12:37 pm

    Dear Riris,
    Pterigium yang meradang bisa saja mengakibatkan mata merah dan kelopak mata bengkak. Bila pterigium mencapai ke sentral kornea tentu saja akan mengakibatkan gangguan penglihatan.

  11. siska said,

    Maret 3, 2011 pada 3:50 pm

    kalau pterigium masih sedikit dan usia saya masih muda, bagaimanakan tindakan sebaiknya yg harus saya lakukan? saya sudah konsultasi ke dokter mata dan saya inginnya bisa hilang, apabila operasi berbahaya tidak?
    saya sangat bingung.

    mohon sarannya,

    terimakasih

  12. Media Mata said,

    Maret 8, 2011 pada 11:37 am

    Dear Siska,
    Pterigium bisa diterapi dengan operasi bila sudah ada indikasi, yaitu pterigium masuk ke kornea > 3mm, atau timbul astigmatisme. Semakin muda usia penderita, tingkat rekurensinya semakin tinggi. Sebaiknya anda menunggu dulu hingga ada indikasi operasi. Untuk mengurangi keluhan dapat diberikan artificial tears.

  13. dedhe said,

    Maret 15, 2011 pada 6:29 pm

    . mata saya krng lebih 2 minggu ini merah .
    cek kedokter , kata.a hanya iritasii biasa .
    tapi kog saya melihat seperti ada sesuatu d.mata saya , entah apa itu .
    mata saya terasa ganjel .
    dan tetap saja merah .

  14. Media Mata said,

    April 7, 2011 pada 10:07 am

    Dear Dedhe,
    Mata merah yang menetap perlu diwaspadai penyebab lain selain iritasi. Bila disertai seperti melihat benda asing, apakah maksud anda seperti kabur? Bila disertai mata kabur mungkin saja suatu keratitis atau uveitis. Segera temui dokter mata anda.

  15. sita said,

    April 15, 2011 pada 6:00 pm

    dmata kanan ama kiri saya terdapat daging tumbuh, itu masih belom berukuran 3mm. Tapi kenapa ada seorang dokter yang bilang harus segera d operasi padahal usia belum 40 an, tapi katanya pake benang ama lem gtu yg katanya menuju k kosmetik jd gk ada kemungkinan tumbuh lagi. Apa itu benar, dan apa nanti gk ada resiko karna usia msh dbeh 40, mohon saran dan penjelasan. Mkasih..

  16. Media Mata said,

    April 18, 2011 pada 10:44 am

    Pterigium yang dirasakan mengganggu secara kosmetik dapat saja dibersihkan lebih dini, tentu dengan teknik khusus yang diharapkan dapat menghambat pertumbuhan ulang, diantaranya graft konjungtiva.

  17. roikha said,

    Mei 23, 2011 pada 4:50 pm

    daging kecil yang tumbuh di mata yang terasa sakit,merah,perih……pa itu juga termasuk kategori pteregium.dan apakah ada penanganan lain selain operasi?misalnya obat herbal begitu…….terimakasih……..

  18. Risa said,

    Mei 27, 2011 pada 6:57 pm

    dokter.. sy mau konsultasi apabila masih usia muda dan tumbuh daging disekitar mata terlanjur operasi dan pertumbuhnaya semakin cepat terus bagaimana agar mencegah daging tumbuh tidak berkembang lebih cepat… mohon konfirmasinya,

  19. iwandaru said,

    Juni 8, 2011 pada 9:12 am

    mau nanya,kok di atas mata saya ada ganjalan seperti daging hidup itu kenapa ya,terdapat pada bawah alis mata kulit saya.seperti bintitan tapi ini bukan bititan,lama ga hilang”,apakah ini daging hidup yg terdapat di mata.jadi takut,apakah hrs operasi….thank,dan minta penjelasanya,klo bisa lewat e-mail saya aja. iwandaru@ymail.com

  20. Media Mata said,

    Juni 8, 2011 pada 2:03 pm

    Sebaiknya jangan terburu-buru dioperasi ulang, usahakan untuk menekan aktifitas pertumbuhan selaput tersebut dengan cara menghindari inflamasi yang terus menerus. Bila selaput tampak mata merah segera ke dokter (untuk mendapat obat tetes anti inflamasi). Berikan artificial tears secara rutin sehingga dengan pemberian tetes tersebut dapat mengurangi dry eye yang juga menjadi pemicu pertumbuhan
    selaput. Bila anda keluar rumah gunakan kaca mata pelindung.

  21. Media Mata said,

    Juni 24, 2011 pada 1:31 pm

    Ya bu, bila yang ibu keluhkan seperti pada gambar yang kami postingkan. Terapi awal biasanya diberikan artifisial tears agar tidak sering inflamasi, dan bila stadium lanjut dengan operatif.

  22. Media Mata said,

    Juli 29, 2011 pada 1:20 pm

    Kami belum bisa menangkap deskripsi anda, bila memang bintitan (hordeolum) biasanya berlokasi dekat tepi kelopak mata. Bila besar, bisa saja memenuhi lebar kelopak mata. Namun bila benjolan tersebut berada di sekitar alis, mungkin suatu tumor yang lain. Untuk memastikan diagnosis anda dapat menemui dokter mata.

  23. indra said,

    September 29, 2011 pada 5:38 am

    dok, kakak saya menderita pterigyum, kmrn periksa ke dkter n dikasi obat tetes merk cendo dan pil penghambat tumbuhnya daging. Dokter itu bilang belum waktunya operasi. Kakak saya umurnya 31. Yg saya tanyakan apa bisa dioperasi diusia 31 ??. Mata kakak saya merah dan terasa perih, apa terapi yg bisa mengurangi rasa perih ??. Atas jwbannya makasi dok !

  24. indra said,

    September 30, 2011 pada 7:38 pm

    dok, tolong jawab !!. Saya butuh informasi

  25. Media Mata said,

    Oktober 3, 2011 pada 12:30 pm

    Terimakasih atas pertanyaannya. Sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan anda karena pertanyaan belum segera kami tanggapi karena kesibukan kami. Seperti yang sudah pernah kami jelaskan, bila operasi pterigium dilakukan pada usia muda kemungkinan untuk tumbuh lagi lebih besar daripada usia tua, sehingga tidak disarankan operasi pada usia muda, kecuali memang ada indikasi. Untuk membantu agar pertumbuhan tidak meluas, sebisa mungkin hindari paparan langsung sinar matahari yang cukup lama. Untuk mengurangi iritasi/rasa tidak nyaman dapat diberikan artificial tears.

  26. Ardiany said,

    Oktober 6, 2011 pada 12:18 pm

    dok, dikelopak dalam mata (mata bag bawah) anak saya ada daging tumbuh. apakah itu termasuk pterigyum? terapinya amoxsan 500, nonflamin dan salep cendo mycos. kl dalam 1 minggu ini tdk ada perubahan maka akan dioperasi. anak saya berusia 13 tahun.

  27. antok said,

    Oktober 6, 2011 pada 8:43 pm

    kira2 kalau operasi biayanya sampai berapa yah… mohon dijawab, makasih

  28. Media Mata said,

    Oktober 12, 2011 pada 2:00 pm

    Dear Ardiany,
    Benjolan pada bagian dalam kelopak mata b ukan suatu pterigium. Melihat terapi yang telah diberikan, kemungkinan anak anda menderita Hordeolum interna (biasa disebut “timbil”). Penyakit ini merupakan suatu keradangan/infeksi pada kelenjar-kelenjar di kelopak mata. Bila dengan terapi medikamentosa tidak mengalami perbaikan, maka dapat dilakukan pembedahan.

  29. Media Mata said,

    Oktober 12, 2011 pada 2:05 pm

    Dear Antok,
    Biaya operasi pterigium bervariasi tergantung masing-masing rumah sakit/dokter mata. Selain itu, teknik pembedahannya juga bervariasi tergantung simpel/kompleksnya kasus. Pada kasus rekurensi (kambuh), teknik operasinya lebih kompleks, dan tentunya biaya juga lebih mahal.

  30. Yohana Krisna said,

    November 22, 2011 pada 11:02 am

    ada daging tumbuh dimata saya. tapi dukan dibola mata. tapi diujung mata kiri. saat radang akan sangat merah dan perih. apa itu salah satu ciri pterygium? kata dokter tidak berbahaya. tapi kok makin lama makin besar. kebetulan kelainan itu sudah ada sejak saya bayi. dan sekarang sudah lumayan besar.

  31. Diana HD said,

    November 23, 2011 pada 9:23 am

    Mau tanya Dok…apa yang harus dilalukan pasien Pasca Operasi Pterigium? mata ditutup sampai berapa hari? penggantian perban apakah harus dengan para medis (dokter/perawat) apakah harus menghindari makan tertentu juga? Terima kasih sebelumnya atas jawabannya…

  32. teni nuryani said,

    November 23, 2011 pada 4:14 pm

    dok,dibola mata sebelah kanan saya ada selaput tumbuh yg hampir mendekati ke bola mata yg hitam nya malah sudah tersa bergerigel,kkata dr yg memeriksa memeng harus di oprasi,yg akan saya tanyakan berbahyakah kalau tidak di oprasi?apa kemungkinan membesar terus? usia saya 47 th .Terimakasih dan saya tunggu jawabannya.

  33. Media Mata said,

    Desember 30, 2011 pada 2:46 pm

    Dear Agus,
    Pterigium biasanya disebabkan inflamasi berulang akibat paparan sinar matahari. Keluhan bapak bisa karena Sindroma Mata Kering sehingga mata terasa tidak nyaman atau ‘sandy feeling’. Aktivitas yang cukup lama di depan komputer, tanpa disadari akan menyebabkan frekuensi berkedip berkurang sehingga lapisan airmata terganggu.

  34. faris said,

    Desember 30, 2011 pada 7:54 pm

    Dok ibu saya menderita daging tumbuh kearah tengah mata (‘ hitam-hitam’) dan kalau kena cahaya matahari kepala pusing dan menjadi berbayang, kalau itu penyakit apa ya Dok, dan gimana penyembuhanya ?
    Terimakasih

  35. Media Mata said,

    Januari 2, 2012 pada 1:59 pm

    Dear Yohana,
    Apakah daging tumbuh di di ujung kelopak mata sebelah dalam atau luar? Kami belum bisa menangkap gambaran kelainan yang saudara maksud. Bisa jadi itu suatu kista atau hemangioma atau tumor yang lain. Untuk lebih jelas, anda bisa mengirim gambar foto ke alamat email kami atau anda menemui dokter mata terdekat. Bila benjolan tersebut juga belum jelas penyebabnya biasanya dilakukan pemeriksaan patologi anatomi.

  36. Media Mata said,

    Januari 2, 2012 pada 2:59 pm

    Dear Faris,
    Ibu anda kemungkinan menderita penyakit pterigium. Pterigium bisa memberikan keluhan astigmatisme (kelainan refraksi) yang mirip dengan keluhan ibu anda. Terapinya adalah operasi, terutama bila sudah ada keluhan penglihatan atau masuk ke kornea melebihi 3 mm dari tepi kornea.

  37. Media Mata said,

    Januari 2, 2012 pada 4:00 pm

    Dear Teni,
    Selaput yang tumbuh mendekati kornea belum perlu dilakukan operasi, kecuali telah menyebabkan gangguan kelainan refraksi karena selaput yang sangat tebal. Kemungkinan membesar bisa saja terjadi. Sebaiknya hindari iritasi (mata merah) berulang, dengan cara memakai pelindung mata dan tetes mata artificial tears.

  38. Media Mata said,

    Januari 9, 2012 pada 11:59 am

    Dear Diana,
    Pasca operasi pterigium tidak memerlukan perawatan khusus seperti halnya operasi katarak. Perawatannya sederhana saja, ganti perban dan berikan obat yang diresepkan sesuai anjuran dokter, bisa dilakukan sendiri tidak perlu dokter atau paramedis. Mata diperban cukup satu atau dua hari saja. Memang mata setelah operasi ada keluhan seperti berair dan tidak nyaman. Tidak perlu pantang makanan tertentu.

  39. imel said,

    Maret 10, 2012 pada 4:18 pm

    dok…..mau tanya ..
    di mata sya jga ada seperti gumpalan daging di sebelah kiri mata sya ….sya sudah tanya k” dokter ….,,,
    dokter berkata tidak berbahaya ,,,,,tapi sya masih ragu ,,…apa itu berbahaya bagi pengelihatan sya… mohon di jawab ,,,
    by imel,,,,,,,,,,, lampung

  40. Maret 15, 2012 pada 10:37 am

    Maw nanya dokter, saya adhi umur saya sekarang beranjak 20 tahun. begini dok mata kanan sayayang bagian sudutnya agak merah dan ditengahnya berwarna putih, apakah ini yang dimaksud dengan penyakit pterigium??
    mohon penjelasan dan petunjuknya dokter

    terima kaasih sebelumnya :D

  41. joko pambudi said,

    April 5, 2012 pada 6:36 pm

    sy dpt info pterygium dpt di obati pke obat tetes RADIX VITAE apa benar?????

  42. Media Mata said,

    April 21, 2012 pada 4:44 pm

    Dear Joko Pambudi,
    Melihat komposisi obat yang anda sebutkan sepertinya termasuk herbal. Kami tidak mengetahui efektifitas obat tersebut.

  43. Media Mata said,

    April 21, 2012 pada 4:49 pm

    Dear Adhie,
    Pterigium berupa selaput/daging tumbuh yang berbentuk segitiga, biasanya nampak kemerahan bila iritasi.

  44. Media Mata said,

    April 21, 2012 pada 4:51 pm

    Dear Imel,
    Penyakit anda kemungkinan suatu pterigium, memang tidak berbahaya namun bila sudah ada indikasi operasi sebaiknya harus dilakukan.

  45. ade said,

    Mei 30, 2012 pada 7:15 am

    umur saya 25,dari ciri2 pterigium sepertinya mata saya jg kena…..sudah sedikt masuk area hitam nya?sebaik nya harus bagaimana?

  46. deede said,

    Juni 1, 2012 pada 11:05 am

    Dok di ujung mataku sblah tulang hidung, ada benjolan daging sudah 5hari. 1hari sblumnya mata nya jadi gatal, jika d pegang sakit. & smpai skrg dr ujung mata sampai klopak atas mata saya bengkak.
    Slm ini blm d beri obat cm d olesin bwang putih ajj. Kira2 itu knp y? Kl timbilan tp kou ga ada titik putihnya itu coz benjolannya d dlm.
    Trima kasih. Mohon bantuannya

  47. Media Mata said,

    Juni 8, 2012 pada 2:35 pm

    Dear Ade,
    Bila pterigium anda sudah mendekati manik mata/pupil/tengah kornea sebaiknya dilakukan operasi, meskipun usia masih muda.

  48. Media Mata said,

    Juni 8, 2012 pada 2:39 pm

    Dear Deede,
    Keluhan anda kemungkinan disebabkan keradangan pada saluran airmata (Dakriosistitis). Untuk terapi, sebaiknya temui dokter mata karena ada evaluasi lanjutan mencari penyebab keradangan tersebut.

  49. marisca said,

    Agustus 23, 2012 pada 8:44 am

    Dok disudut dekat kornea mataku ada selaput putih yg mnebal …ada ga obat yg bs perlhan2 menghilgkn selput tanpa operasi .tks seblumnnya dok ..:-)

  50. Fauzi said,

    Agustus 30, 2012 pada 2:32 pm

    Bpk Ibu yang Budiman saya baru operasi ptrygium selasa kmrn, berapa hari lagi mata jadi normal, karena sy merasa ada yg mengganjal di bola mata saya, indikasinya karena bekas jahitan 3 di mata saya. Obat apa yang bisa membuat saya cepat bekerja lagi… Obat yang saya konsumsi standard / generik… Anti biotik apa yang bisa mempercepat pengobatan saya. Banyak terima kasih…

  51. Media Mata said,

    Agustus 31, 2012 pada 12:46 pm

    Dear Fauzi,
    Rasa mengganjal bisa karena proses keradangannya atau jahitannya. Terapinya adalah anti radang obat minum atau tetes/salep mata dan antibiotik tetes/salep mata. Pasca operasi biasanya membaik dalam 1-2 minggu.

  52. Media Mata said,

    Agustus 31, 2012 pada 1:50 pm

    Dear Marisca,
    Indikasi operasi bila selaputnya sudah 3 mm masuk ke area kornea mata, terjadi astigmatisme (kelainan kacamata). Tindakan operasi pada usia muda lebih sering terjadi kekambuhan. Sampai saat ini tidak ada obat yang bisa menghilangkan selaput tersebut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: