LIhat Dulu Etiket Obat Mata Sebelum Pakai


Contoh salah pemberian salep mata dengan lem (Alteco)

Keliru!! Lem Alteco dikira salep mata (koleksi PPDS Mata UA)

Saat ini banyak kemasan obat tetes/salep di pasaran,  mulai dari obat mata, telinga ataupun tetes/salep untuk obat luar (seperti Albothyl dan Betadine).  Masing-masing obat mempunyai kandungan  yang berbeda-beda, dan  obat mata mempunyai kandungan yang khusus diantaranya pH (kadar keasaman), bahan pelarut  dan konsentrasi obat. Bila  obat tetes/salep untuk kulit atau telinga diberikan untuk mata, akan memberikan reaksi yang berbahaya untuk mata, bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

Albothyl (obat untuk sariawan/keputihan) merupakan salahsatu obat yang sering salah diteteskan, terutama oleh penderita katarak yang penglihatannya sudah mulai terganggu.  Hal ini berakibat sangat fatal, bisa menyebabkan perlukaan pada kornea bahkan sampai mengancam penglihatan.

Alteco (lem yang sangat kuat) juga pernah keliru dioleskan ke mata. Hal ini karena kecerobohan orang tua atau kita sendiri yang tidak melihat etiket obat sebelum dioleskan  ke mata.

Oleh karena itu, ada beberapa tips agar kita tidak sampai salah obat kalau meneteskan/mengoleskan obat ke mata kita :

1.  Sebelum menerima obat dari apotek, tanyakan kembali, yakinkan dan lihat bahwa obat yang anda terima benar-benar obat mata.  Jangan lupa lihat tanggal kadaluarsanya.

2. Untuk menyimpan obat mata, harus dibedakan dan dipisahkan dengan obat  yang lain, agar tidak salah ambil.

3. Sebelum meneteskan/mengoleskan obat mata, lihat dulu etiketnya baik-baik dan yakinkan obat yang anda berikan adalah obat yang anda maksudkan.

4. Bila sudah terjadi kesalahan obat, segera bilas mata dengan air bersih sebanyak-banyaknya dan segera temui dokter/dokter mata/RS terdekat untuk mendapat pertolongan selanjutnya.

About these ads

8 Komentar

  1. ipeh said,

    Januari 28, 2009 at 2:45 pm

    kalo obat kulit masuk ke mata, bisa-bisa matanya mengelupas.. jadi memutih..
    mengerikan…!!! so Be careful MAN !!!

  2. wirosableng said,

    Januari 30, 2009 at 12:11 am

    pastikan yang memberi obat tidak buta huruf, tidak ngantuk, tidak katarak dan tidak saat mati lampu…wakakak…(serius lho..)

  3. Yudhanata said,

    Maret 18, 2010 at 12:47 am

    serius… bapak gw salah pake obat mata… dya malah pake albothyl… gmana nih cara pengangannanya??? saya takut terjadi apa2…sama dia…

  4. Media Mata said,

    Maret 18, 2010 at 6:28 pm

    Penanganan pertama adalah segera irigasi sebanyak & sesering mungkin dengan air bersih untuk membilas/menghilangkan zat-zat kimia yang berada pada mata. Lalu segera periksakan ke dokter mata terdekat untuk mengetahui sampai seberapa jauh kelainan yang timbul akibat albothyl tersebut.

  5. lily said,

    Juli 9, 2011 at 8:49 am

    dok, mata pasien saya kena lem alteco, udah saya kasih irigasi dan nasehat ke dokter mata kalo dalam 3-4 hari tidak membaik. ada yang kurang ga dok dari penanganan saya? saya cuman membekali erlamisetin, suster saya nyuruh saya kasih cendo xytrol karna “biasanya begitu” tapi waktu ko as, Sp.M saya gak bolehin dokter umum kasih cendo xytrol karna lebih besar mudharat drpd manfaat, katanya kasih cendo xytrol harus dilihat dgn alat yg lebih lengkap seperti yg tersedia di dr mata.

  6. Media Mata said,

    Juli 29, 2011 at 1:00 pm

    Trauma akibat lem alteco tergolong trauma kimia pada mata. Penatalaksanaan trauma kimia, dapat dilakukan irigasi dahulu (segera setelah trauma) dan diterapi dengan Antibiotik dan steroid. Pemberian steroid sebaiknya tidak lebih dari 2 minggu karena dapat menghambat penyembuhan luka. Fungsi steroid pada trauma kimia, untuk mengurangi reaksi inflamasi yang hebat. jadi pemberian xitrol tidak apa-apa, namun jangan melebihi 2 minggu dan selama pemberian obat tersebut harus dievaluasi.

  7. Ratna wati said,

    Agustus 22, 2012 at 1:35 pm

    Teman saya,bola matanya terkena lem alteko. . Bagaimana cara mengobatinya? Apakah lem alteko bisa menyebabkan kebutaan pd mata? Karena lem nya sudah merekat dikornea matanya. .

  8. Media Mata said,

    Agustus 31, 2012 at 2:00 pm

    Dear Ratna wati,
    Terapi pada kasus ini biasanya dilakukan pembersihan secara mekanik dimana gumpalan-gumpalan lem alteco diambil secara manual. Kerusakan pada mata tergantung derajat berat ringan kasusnya.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: